Personil Polsek Bendungan Hadiri Acara Megengan

 0
Personil Polsek Bendungan Hadiri Acara Megenganby adminHT01on.Personil Polsek Bendungan Hadiri Acara MegenganPolres Trenggalek – Beberapa hari lagi puasa bagi umat islam seluruh dunia akan dimulai, dimana masyarakat pulau jawa kususnya masyarakat kecamatan Bendungan Kabupaten Trenggalek  biasanya akan melaksanakan tradisi megengan atau dapat diartikan sebagai kata meng-ageng atau yang berarti mengagungkan bulan suci Ramadhan. Tradisi megengan sudah dilakukan secara turun temurun Tradisi megengan Prosisi megengan biasaya dilakukan […]
Polres Trenggalek – Beberapa hari lagi puasa bagi umat islam seluruh dunia akan dimulai, dimana masyarakat pulau jawa kususnya masyarakat kecamatan Bendungan Kabupaten Trenggalek  biasanya akan melaksanakan tradisi megengan atau dapat diartikan sebagai kata meng-ageng atau yang berarti mengagungkan bulan suci Ramadhan.
Tradisi megengan sudah dilakukan secara turun temurun Tradisi megengan Prosisi megengan biasaya dilakukan dengan membuat suatu berkat/ kumpulan dari berbagai pangan terdiri dari nasi putih, ikan, kue pasar/jajan pasar, kulupan, serundeng/ampas kelapa yang di goreng, pisang dan ada sebagian yang menaruh uang koin dibuat dalam satu wadah disebut dengan takir.
Kamis (25/05) bertempat di salah satu rumah warga, personil Polsek Bnedungan menghadiri undangan megengan untuk menyambut bulan Ramadhan.Aiptu Agus winrko Bersama satu personil dan Babinsa Desa Dompyong telah hadir dalam acara tersebut untuk menghormati datangnya Bulan Ramdhan.
Hal tersebut merupakan wujud kepedulian Polri dan wujud kedekatan Polri kususnya personil Polsek Bendungan dengan masyrakat, karena Polri sudah menyatu dengan masyarakat kususnya warga masyrakat Kecamatan Bendungan Kabupaten Trenggalek.
“Tradisi megengan ini sudah ada sejak jaman dahulu ada sampai sekarang. Dapat kita lihat dari segi sosial megengan dapat dimaknai bahwa hidup harus selalu bersama-sama, rukun dengan sesama, dengan keluarga, tetangga atau masyarakat yang lain.” tutur Aiptu Agus
Dengan adanya tradisi megengan ini diharapkan sikap gotong-royong dan kebersamaan antara Polri dan masyrakat itu akan tetap  tumbuh kembali dan selalu tumbuh sampai generasi nanti.


Sumber : Polres Trenggalek