Tingkatkan disiplin berlalu lintas, Satlantas Polres Trenggalek tindak 20 pelanggar

 0
Tingkatkan disiplin berlalu lintas, Satlantas Polres Trenggalek tindak 20 pelanggarby adminHT01on.Tingkatkan disiplin berlalu lintas, Satlantas Polres Trenggalek tindak 20 pelanggarDalam menjalankan fungsinya selaku penanggung jawab Kamtibselcarlantas, Satlantas Polres Trenggalek kerap menggunakan tiga macam metode yakni preemtif, prefentif dan represif. Penerapan ketiganya disesuaikan dengan situasi dan kebutuhan dilapangan. Demikian pula dalam mengedukasi masyarakat agar tumbuh kepedulian, patuh aturan dan jiwa tertib berlalu lintas. Menurut Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Ricky Tri Dharma, S.H., S.I.K., harus ada […]

Dalam menjalankan fungsinya selaku penanggung jawab Kamtibselcarlantas, Satlantas Polres Trenggalek kerap menggunakan tiga macam metode yakni preemtif, prefentif dan represif. Penerapan ketiganya disesuaikan dengan situasi dan kebutuhan dilapangan. Demikian pula dalam mengedukasi masyarakat agar tumbuh kepedulian, patuh aturan dan jiwa tertib berlalu lintas.

Menurut Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Ricky Tri Dharma, S.H., S.I.K., harus ada kesinambungan antara penerapan metode preemtif, preventif maupun represif. Tidak bisa parsial atau berdiri sendiri.

“Keselarasan satu sama lain harus merujuk pada satu tema atau visi yang sama. Kita tidak bisa mendidik tanpa memberi contoh yang benar sekaligus memberi punishment bagi yang melanggar” jelas AKP Ricky

Salah satu bentuk punisment adalah tindakan represif yang bersifat tegas dan terukur. Jika ada masyarakat yang melanggar khususnya terkait peraturan dan disiplin berlalu lintas maka perlu dilakukan penindakan tegas berupa Tilang.

Seperti yang dilakukan oleh unit Patroli Satlantas Polres Trenggalek siang ini. Dipimpin Kanit Patroli Ipda Zaenudin menggelar razia stationer di jalan raya Cengkeng kelurahan Tamanan Trenggalek. sebuah papan bertuliskan “Mohon maaf perjalanan anda terganggu, ada pemeriksaan polisi” di pasang di tengah jalan, sedangkan beberapa Polantas lainnya membagi tugas menghentikan dan memeriksa surat kelengkapan pengendara. Sedikitnya 20 orang pengendara terpaksa menerima Tilang karena pelanggaran SIM, STNK dan Spektek kendaraan yang tidak sesuai peraturan.

Dikonfirmasi hal tersebut, AKP Ricky menjelaskan. Razia baik stationer maupun mobile merupakan upaya kepolisian dalam rangka meminimalisir kejahatan. Jika dikaitkan dengan bidang kelalulintasan maka razia merupakan bagian dari penegakan hukum dan mengedukasi sikap disiplin dan taat aturan berlalu lintas.

“Ingat, disiplin harus berangkat dari hati, bukan karena takut ada polisi” pungkas AKP Ricky


Sumber : Polres Trenggalek