Sinergitas Menjaga Keamanan di Wilayah Pule Dengan Tokoh Agama

 0
Sinergitas Menjaga Keamanan di Wilayah Pule Dengan Tokoh Agamaby adminHT01on.Sinergitas Menjaga Keamanan di Wilayah Pule Dengan Tokoh AgamaPolres Trenggalek – Bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban himbauan yang pertama disampaikan Kapolres Trenggalek, dalam menciptakan situasi yang kondusif saat Ramadhan. Menindak lanjuti ketentuan tersebut Kapolsek Pule Polres Trenggalek melaksanakan dialogis dengan tokoh agama di Desa Sidomulyo, Rabu(31/5). Keamanan mencakup dalam berbagai hal, keamanan phisikis dan keamanan badan atau jasmani. Kalau orang merasa resah terhadap […]

Polres Trenggalek – Bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban himbauan yang pertama disampaikan Kapolres Trenggalek, dalam menciptakan situasi yang kondusif saat Ramadhan. Menindak lanjuti ketentuan tersebut Kapolsek Pule Polres Trenggalek melaksanakan dialogis dengan tokoh agama di Desa Sidomulyo, Rabu(31/5).

Keamanan mencakup dalam berbagai hal, keamanan phisikis dan keamanan badan atau jasmani. Kalau orang merasa resah terhadap teror yang mengancamnya sehingga pikirannya terganggu, ini merupakan ancaman keamanan phisikis. Lain halnya bila keluar malam dihadang oleh perampok yang mengancam akan melukai jiwa korbannya, ini merupakan ancaman keamanan badan atau fisik. Perihal pencegahan gangguan keamanan, yang menyangkut SARA, Kapolsek Pule Polres Trenggalek menyampaikan gerakan deradikalisme yang muncul di Indonesia beberapa tahun ini.

Menurut penuturan Kapolsek Pule, Radikalisme berasal dari kat radikal yang memiliki arti secara mendasar menuntut perubahan pemerintahan yang menurut mereka sesuai keyakinanya, dan yang tidak sepaham dengan mereka adalah musuh dan halal untuk dibunuh.

Kegiatan dialogis yang dilakukan Kapolsek Pule, dilaksanakan setelah sholat dhuhur usai pengecekan lokasi safari Ramadhan yang akan digelar. Dengan melakukan dialogis dengan tokoh agama yang ada, tukar menukar ilmu dalam perbincangan dan juga deteksi dini bisa berjalan. Masalah keyakinan yang dimiliki warga di seputaran Wilayah Pule dapat termonitor, ada tidaknya pemahaman islam garis keras.

“Sudah disampaikan kepada tokoh agama terkait pemahaman radikalisme yang dilakukan oleh ISIS untuk melaporkan ke Polisi bila menjumpai ada orang yang menyebarkan faham islam yang berhaluan keras,” Kata Iptu Suraji, SH saat dikonfirmasi di Mako Polsek Pule Polres Trenggalek.


Sumber : Polres Trenggalek