Kanit Intel Pantau Peredaran dan Antisipasi Emas Palsu

 0
Kanit Intel Pantau Peredaran dan Antisipasi Emas Palsuby adminHT01on.Kanit Intel Pantau Peredaran dan Antisipasi Emas PalsuPolres Trenggalek – Kegiatan yang dilaksanakan oleh Kanit Intelkam Polsek Kampak Polres Trenggalek Aiptu Jarni di tempat penjualan emas di pasar tradisional wilayah Kampak Trenggalek sebagai antisipasi peredaran emas palsu yang marak terjadi di bulan Ramadhan, Minggu (04/06). Kegiatan Aiptu Jarni merupakan penyelidikan yang berarti segala usaha, kegiatan dan pekerjaan yang dilakukan secara berencana dan […]

Polres Trenggalek – Kegiatan yang dilaksanakan oleh Kanit Intelkam Polsek Kampak Polres Trenggalek Aiptu Jarni di tempat penjualan emas di pasar tradisional wilayah Kampak Trenggalek sebagai antisipasi peredaran emas palsu yang marak terjadi di bulan Ramadhan, Minggu (04/06).

Kegiatan Aiptu Jarni merupakan penyelidikan yang berarti segala usaha, kegiatan dan pekerjaan yang dilakukan secara berencana dan terarah dalam rangka mengumpulkan BAKET (bahan keterangan) untuk selanjutnya diolah dan disajikan kepada User / pimpinan sebagai bahan masukan dalam menentukan kebijaksaan.

Agar tidak menjadi korban penipuan, sebelum membeli sebaiknya pembeli mengetahui teknik-teknik dasar cara mengenali emas asli dan palsu. Selain yang gampang dan bisa dilakukan sendiri, tentunya yang akurat atau setidaknya mendekati benar, salah satunya dapat dengan cara menggoreskannya di keramik, piring, dan atau pun kertas. Setelah itu amati bekas goresannya pada permukaan keramik. Jika terdapat bekas berwarna hitam atau sejenisnya, bisa dipastikan itu palsu. Kalau emas asli tidak akan meninggalkan bekas goresan.

Tak hanya pembeli emas saja yang bisa menjadi korban penipuan emas palsu bahkan para penjual juga bisa menjadi korban dengan modus pembeli sebelumnya membeli emas di toko yang sama dan mendapatkan kwitansi serta surat keterangan emas yang dibeli, selanjutnya pembeli membuat emas palsu sama persis dengan surat yang ia dapat dari toko tersebut, setelah selesai pembeli membawa emas tersebut kembali ke toko dan beralasan butuh uang dan menggadaikan emas tersebut, namun setelah beberapa lama emas tak kunjung ditebus dan ketika di cek emas yang digadaikan ternyata palsu.

“Alhamdulillah untuk wilayah kecamatan Kampak aman dan sementara tidak ada modus peredaran emas palsu” ujar Aiptu Jarni.


Sumber : Polres Trenggalek