Kapolsek Pule Kunjungi Tokoh MTA Desa Joho

 0
Kapolsek Pule Kunjungi Tokoh MTA Desa Johoby adminHT01on.Kapolsek Pule Kunjungi Tokoh MTA Desa JohoPolres Trenggalek – Kegiatan dalam rangka pendekatan dengan tokoh agama di Wilayah Pule, menjadi program Kapolsek Pule Polres Trenggalek selama kegiatan Ramadan. Tidak luput dari kunjungan Kapolsek Pule tokoh Majelis Tafsir Alqur- an (MTA) menjadi tempat silaturahmi, Selasa (6/6). Sambang yang dilakukan oleh Kapolsek Pule Iptu Suraji, SH ke tokoh agama yang ada di Joho, […]

Polres Trenggalek – Kegiatan dalam rangka pendekatan dengan tokoh agama di Wilayah Pule, menjadi program Kapolsek Pule Polres Trenggalek selama kegiatan Ramadan. Tidak luput dari kunjungan Kapolsek Pule tokoh Majelis Tafsir Alqur- an (MTA) menjadi tempat silaturahmi, Selasa (6/6).

Sambang yang dilakukan oleh Kapolsek Pule Iptu Suraji, SH ke tokoh agama yang ada di Joho, sudah direncanakan kegiatan seperti ini beberapa waktu yang lalu. Dalam hubungan penyampaian pesan Kamtibmas dan upaya pendekatan unsur Toga dengan institusi Polri, dengan mencari informasi perkembangan wilayah serta situasi ideologi yang berkembang adakah gejala-gejala masuknya pemahaman yang baru. Melalui kegiatan sambang ke tokoh agama maka segala perkembangan akan diketahui.

Seperti kegiatan yang dilaksanakan Kapolsek Pule Iptu Suraji, Waka Polsek Pule dan Kanit Intelkam yang menjadikan tugas Pulbaket dalam segala yang menyangkut panca gatra. Panca gatra sendiri merupakan kumpulan dari beberapa katagori dalam bermasyarakat yang meliputi unsur, Ideologi, Politik, Ekononi, Sosial dan Budaya. Masalah agama yang berkembang seperti sekarang ini menjadi masalah dalam ideologi yang mana harus bisa memantau keberadaan agama berpengaruh dan tidaknya terhadap situasi keamanan.

Tokoh yang dikunjungi Kapolsek Pule Polres Trenggalek dan rombongan di Desa Joho, merupakan tokoh MTA yang berpengaruh dikancah Cabang Trenggalek. Sebagai tokoh MTA yang mendapat kepercayaan menjabat sebagai bendahara Cabang MTA, Orang ini terlihat biasa dalam penampilannya. Tidak adanya sikap sombong dan mengunggulkan kebenaran aliran yang diyakininya, Serta sifat ramah bila diajak dalam berkomunikasi. Siapa lagi kalau bukan Suranto tokoh MTA ini, warga sekitar mengenal dan menyebutnya dengan nama seperti itu.

Dalam kunjungannya ke tokoh MTA, Kapolsek Pule Polres Trenggalek memberikan arahan untuk menjaga kerukunan antar aliran. Disinyalir di Desa Joho ada beberapa aliran seperti Nahdlotul Ulama (NU), aliran Wahidiyah dan adanya aliran MTA (Majelis Tafsir Al Qur-an) semua diharapkan untuk saling hidup berdampingan. Jangan saling memberikan statemen salah satu aliran yang paling benar, adanya perbedaan dalam pelaksanaan ibadah intinyakan sama, menjalankan ibadah kepada Tuhan.

“Kita mengajak tokoh agama yang ada di wilayah Pule untuk bersinergi dengan kepolisian guna mencegah masuknya paham radikalisme,” Kata Iptu Suraji, SH saat dikonfirmasi di lokasi silaturahmi di Desa Joho.

Kegiatan sambang ke salah satu tokoh agama yang ada di desa Joho di akhiri dengan foto bersama di depan name boerd MTA yang di pasang di depan rumah Suranto, dengan harapan kunjungan ini benar-benar menjadikan hati tokoh agama yang dikunjungi. Dengan peran tokoh agama di wilayah, tentunya akan membantu tugas polri dalam mengawasi keberadaan aliran yang muncul dan kegiatan yang dilaksanakan.


Sumber : Polres Trenggalek