Himbauan Kanit Sabhara Tentang Larangan Bentor.

 0
Himbauan Kanit Sabhara Tentang Larangan Bentor.by adminHT01on.Himbauan Kanit Sabhara Tentang Larangan Bentor.Polres Trenggalek – Maraknya becak yang dimodifikasi dengan mesin kendaraan bermotor saat ini mulai meresahkan keberadaanya karena selain membahayakan penggunanya juga pengguna jalan lainnya. Jumat (09/06). Hal ini direspon oleh Kanit Sabhara Polsek Kampak Aiptu Setyo Bhakti dengan turun langsung ke tengah- tengah abang tukang becak untuk memberikan himbauan tentang larangan perakitan bentor (becak bermotor). […]

Polres Trenggalek – Maraknya becak yang dimodifikasi dengan mesin kendaraan bermotor saat ini mulai meresahkan keberadaanya karena selain membahayakan penggunanya juga pengguna jalan lainnya. Jumat (09/06).

Hal ini direspon oleh Kanit Sabhara Polsek Kampak Aiptu Setyo Bhakti dengan turun langsung ke tengah- tengah abang tukang becak untuk memberikan himbauan tentang larangan perakitan bentor (becak bermotor).

Beliau memberikan penjelasan mengenai undang – undang yang telah dibuat pemerintah terkait bentor, diantaranya :

  1. Perakit dan pembuat bentor melanggar pasal 277 UU Nomor 22 Tahun 2009   tentang merubah tipe kendaraan bermotor diancam dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) tahun atau denda sebesar Rp 24 juta”.
  2. Sesuai UU nomor 22 Tahun 2009, disebutkan pada pasal 1 ayat 7 bahwa Kendaraan adalah suatu sarana angkut di jalan yang terdiri atas Kendaraan Bermotor dan Kendaraan Tidak Bermotor. Kemudian pasal 1 ayat 8 bahwa Kendaraan Bermotor adalah setiap Kendaraan yang digerakkan oleh peralatan mekanik berupa mesin selain kendaraan yang berjalan di atas rel. Dan pasal 1 ayat 9 berbunyi bahwa Kendaraan Tidak Bermotor adalah setiap Kendaraan yang digerakkan oleh tenaga manusia dan atau hewan.

Dari regulasi tersebut, jelas sudah bagaimana beda kendaraan bermotor dan tidak bermotor. Kemudian disambungkan dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 55 tahun 2012 tentang kendaraan, sudah disebutkan jenis-jenis kendaraan.

“Termasuk becak. Becak disebutkan sebagai kategori kendaraan tidak bermotor karena digerakkan oleh manusia,” ujar Aiptu Setyo Bhakti.


Sumber : Polres Trenggalek