Polres Trenggalek Bagikan Tips Mengenal Keaslian Uang Baru Jelang lebaran

 0
Polres Trenggalek Bagikan Tips Mengenal Keaslian Uang Baru Jelang lebaranby adminHT01on.Polres Trenggalek Bagikan Tips Mengenal Keaslian Uang Baru Jelang lebaranPolres Trenggalek – Petugas gabungan dari Satbinmas Polres Trenggalek dan Humas Polres Trenggalek bekerjasama dengan pegawai Perbankan terjun langsung ke sejumlah pusat perbelanjaan, pelapak jasa penukaran uang baru sepanjang jalan Sudirman Trenggalek , dan pasar pon Trenggalek  untuk sosialisasi emisi uang baru sekaligus bagi bagi tips cara mengenali uang asli atau palsu. Kamis (15/6). Lokasi […]

Polres Trenggalek – Petugas gabungan dari Satbinmas Polres Trenggalek dan Humas Polres Trenggalek bekerjasama dengan pegawai Perbankan terjun langsung ke sejumlah pusat perbelanjaan, pelapak jasa penukaran uang baru sepanjang jalan Sudirman Trenggalek , dan pasar pon Trenggalek  untuk sosialisasi emisi uang baru sekaligus bagi bagi tips cara mengenali uang asli atau palsu. Kamis (15/6).

Lokasi pasar tradisional dipilih untuk lokasi sosialisasi karena merupakan pusat perputaran uang dalam bentuk jual beli. Selain itu pasar merupakan titik pertemuan antara pedagang dengan masyarakat umum yang lebih banyak.

Kasubag Humas Polres Trenggalek Iptu Supadi menuturkan bahwa kegiatan tersebut untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat agar mengenal ciri – ciri keaslian uang rupiah khususnya emisi uang baru 2017 yang baru baru ini di keluarkan oleh Bank Indonesia.

“Hari ini kami bersama pihak perbankan dari Pemerintah memberikan penjelasan kepada para pedagang maupun warga yang ada dipasar tradisonal agar mereka tahu uang cetakan baru”, Ujar Iptu Supadi

Sementara Kanit Binpolmas Polres Trenggalek  Aiptu Hermanto menjelaskan pencegahan adanya tindak pidana pemalsuan uang rupiah serta mengingatkan seluruh yang hadir dalam sosialisai agar berhati – hati terhadap peredaran uang palsu.

“Panduan ciri – ciri keaslian uang yang di paparkan oleh petugas perbankan wajib di ingat oleh masyarakat guna menghindari segala macam bentuk kejahatan pemalsuan uang dan mencegah peredaran uang palsu”. Ujar Aiptu Hermanto

whatsapp-image-2017-06-15-at-12-25-17-pmTerlihat Petugas dari perbankan dengan telaten memberikan penjelasan dan pemahaman kepada masyarakat serta menunjukan beberapa uang kertas emisi  yang  baru yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia kepada masyarakat yang mengelilingi wanita tersebut.

“Uang asli kalau dipegang gambarnya terasa kasar di jari, serta ada beberapa tanda keamanan lain mulai dari pita yang tertanam hingga logo BI bila di terawang akan kelihatan jelas. Salah satu cara mudah mengenali keaslian uang dengan menggunakan tehnik 3D, yaitu dilihat, diraba, diterawang.”, ujar Vicentia petugas Perbankan menjelaskan.

Menurutnya tingkat keamanan uang emisi baru tersebut cukup banyak, sehingga lebih sulit untuk dipalsukan. Meski demikian, ia meminta masyarakat tetap hati – hati dan mewaspadai peredaran uang palsu.

Lebih lanjut Vicentia menerangkan bahwa pada uang keluaran emisi terbaru juga memudahkan kepada penderita tuna netra untuk mengenal nominal uang. Karena pada uang baru tersebut terdapat garis di tepi uang. Pada 100. 000 terdapat 2 garis, 50.000 terdapat 4 garis. Semakin kecil nominal semakin banyak garisnya. (dev).


Sumber : Polres Trenggalek