Ini Arahan Kapolsek Pogalan Kepada Anggotanya Saat Apel Pagi

 0
Ini Arahan Kapolsek Pogalan Kepada Anggotanya Saat Apel Pagiby adminHT01on.Ini Arahan Kapolsek Pogalan Kepada Anggotanya Saat Apel PagiPolres Trenggalek – Pada hari Jumat pagi, 16 Juni 2017 Polsek Pogalan melaksanakan apel pagi. Pelaksanaan apel pagi merupakan suatu kegiatan yang wajib dan rutin dilakukan oleh anggota kepolisian, dalam pelaksanaannya tidak hanya untuk mendengarkan arahan dari pimpinan, tetapi juga bisa melatih kedisiplinan dan tanggung jawab anggota Polri, Jumat (16/06). Apel pagi tersebut dilaksanakan dengan […]

Polres Trenggalek – Pada hari Jumat pagi, 16 Juni 2017 Polsek Pogalan melaksanakan apel pagi. Pelaksanaan apel pagi merupakan suatu kegiatan yang wajib dan rutin dilakukan oleh anggota kepolisian, dalam pelaksanaannya tidak hanya untuk mendengarkan arahan dari pimpinan, tetapi juga bisa melatih kedisiplinan dan tanggung jawab anggota Polri, Jumat (16/06).

Apel pagi tersebut dilaksanakan dengan baik dan lancar, semua anggota mendengarkan arahan dengan seksama. Dalam pelaksanaannya, yang bertugas menjadi pemberi pengarahan adalah  AKP Warjito, S.H. selaku Kapolsek Pogalan.

Pengarahan yang diberikan berisi tentang tata cara penerbitan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian). Kapolsek Pogalan menjelaskan berdasarkan rujukan Peraturan Kapolri No. 18 tahun 2014 tentang Tata Cara Penerbitan Surat Keterangan Kepolisian (SKCK); Surat Telegram Kepala Badan Intelijen dan Keamanan Polri No:STR/605/XII/2016 tanggal 30 Desember 2016 tentang Perintah melaksanakan sosialisasi tentang kenaikan tarif penerbitan SKCK sesuai PP No. 60 tahun 2016; Surat Telegram Kapolda Jatim No:STR/1400/X/2016/Diintelkam tanggal 26 Oktober 2016 tentang Tata Cara Penerbitan SKCK.

Berdasarkan rujukan tersebut Kapolsek Pogalan menjelaskan bahwa peemohonan SKCK dapat dilaksanakan secara off line dan on line akan tetapi Polres Trenggalek dan jajaran belum bisa melayani secara on line dikarenakan sarana dan prasarana belum ada (masih dalam proses pendistribusian dari Mabes Polri).

Persyaratan untuk memperoleh SKCK bagi WNI adalah foto copy (KTP dengan menunjukkan KTP asli, Kartu Keluarga, Akte lahir, kartu indentitas lain bagi yang belum punya KTP), pas foto berwarna ukuran 4×6 sebanyak 4 lembar dengan background merah, dan bagi WNI yang akan ke luar negeri wajib melengkapi paspor.

Sedangkan persyaratan bagi WNA adalah surat permohonan dari sponsor, perusahaan, atau lembaga yang bertanggung jawab pada WNA; foto copy (paspor, kartu izin tinggal terbatas atau kartu izin tinggal tetap); dan pas foto berwarna ukuran 4×6 sebanyak 4 lembar dengan background merah.

Dengan persyaratan tersebut tidak lagi dibutuhkan surat pengantar atau rekomendasi. Sedangkan untuk tarif administrasi peberbitan SKCK adalah berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 50 tahun 2010 beaya administrasi penerbitan SKCK sebesar Rp. 10.000, namun terhitung mulai 6 Januari 2017 berubah menjadi Rp. 30.000 berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 60 tahun 2016 tentang jenis tarif atau jenis penerimaan negara bukan pajak yang berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia; untuk penerbitan/pembuatan Rekomendasi SKCK tidak dipungut biaya.


Sumber : Polres Trenggalek