Ajarkan Praktek Baris – Berbaris Sejak Dini

 0
Ajarkan Praktek Baris – Berbaris Sejak Diniby adminHT01on.Ajarkan Praktek Baris – Berbaris Sejak DiniPolres Trenggalek – Mengajarkan kepada anak – anak Sekolah Dasar tentang pengetahuan baris -berbaris dilakukan Bhabinkamtibmas Puyung dan Pakel dalam mengarahkan anak mengenai gerakan berbaris di halaman Sekolah Dasar IV Pule. Dan juga persiapan akan adanya even gerak jalan dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 72, yang mengikut sertakan murid sekolah, Kegiatan penyampaian materi Peraturan […]

Polres Trenggalek – Mengajarkan kepada anak – anak Sekolah Dasar tentang pengetahuan baris -berbaris dilakukan Bhabinkamtibmas Puyung dan Pakel dalam mengarahkan anak mengenai gerakan berbaris di halaman Sekolah Dasar IV Pule. Dan juga persiapan akan adanya even gerak jalan dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 72, yang mengikut sertakan murid sekolah, Kegiatan penyampaian materi Peraturan Baris Berbaris (PBB) dilaksanakan Selasa (25/7) dan diikuti regu putra dan Putri yang melakukan pelatihan.

Dalam praktek pelatihan dilapangan, regu putra di bina oleh Bripka Saiful yang dalam tugas sehari -hari menjabat Bhabinkamtibmas Desa Pakel. Dalam materi yang disampaikan kepada siswa sekolah dasar, pengetahuan mengenai pembagian aba-aba dalam peraturan baris -berbaris. Aba – aba yang disampaikan ada tiga macam, meliputi aba -aba peringatan, petunjuk, pelaksanaan. Dalam aplikasinya aba -aba petunjuk diberikan kepada yang statusnya lebih tinggi, diberikan contoh misalnya kepada pak pelatih disusul aba-aba peringatan hormat dan pelaksanaanya  dengan grak.

Dibarisan putri Aiptu Marjani juga ambil bagian dalam melatih penghormatan yang benar, dijelaskannya mengenai posisi telapak tangan saat melaksanakan penghormatan. Posisi tangan menghadap kebawah tepat pada samping alis bila tidak memakai topi, pandangan tetap lurus ke depan dengan mengabaikan suara diluar yang memberikan aba – aba.

Kegiatan pengenalan baris – berbaris yang diikuti oleh siswa Sekolah Dasar, dilaksanakan sampai mendekati siang. Beruntung lokasi untuk pelatihan agak terlindungi dari terik matahari, sehingga tidak membuat anak – anak terlalu terposir tenaganya. Dan terlihat semangat rasa keingintahuan mengenai PBB dirasakan para pelatihnya, dengan keinginan anak -anak dilanjutkan gerakan bubar jalan dan periksa kerapian yang rencana akan disampaikan hari berikutnya.

“Kami mengenalkan tentang pengetahuan dasar dalam baris berbaris, untuk gerakan awal kita kenalkan gerakan di tempat. seperti hormat, sikap sempurna, istirahat, hadap kanan/kiri dan balik kanan/kiri agar dipahami lebih dalam anak-anak Sekolan Dasar, ” Kata Aiptu Marjani saat dikonfirmasi setelah memberikan materi PBB bersama Bripka Saiful Anwar, SH.


Sumber : Halo