Kunjungan Team Supervisi Polres Trenggalek di Polsek Pule

 0
Kunjungan Team Supervisi Polres Trenggalek di Polsek Puleby adminHT01on.Kunjungan Team Supervisi Polres Trenggalek di Polsek PulePolres Trenggalek – Supervisi merupakan pengawasan sebagai suatu proses untuk menerapkan pekerjaan apa yang sudah dilaksanakan, menilainya dan bila perlu mengoreksi dengan maksud supaya pelaksanaan pekerjaan sesuai dengan rencana semula sekaligus pengendalian dalam pelaksanaan tugas bagi seluruh jajaran Polri yang ada di Polsek jajaran Polres Trenggalek. Supervisi semester I bulan Januari s.d Juni 2017 yang dilakukan […]

Polres Trenggalek – Supervisi merupakan pengawasan sebagai suatu proses untuk menerapkan pekerjaan apa yang sudah dilaksanakan, menilainya dan bila perlu mengoreksi dengan maksud supaya pelaksanaan pekerjaan sesuai dengan rencana semula sekaligus pengendalian dalam pelaksanaan tugas bagi seluruh jajaran Polri yang ada di Polsek jajaran Polres Trenggalek.

Supervisi semester I bulan Januari s.d Juni 2017 yang dilakukan Polres Trenggalek ini meliputi melakukan pengecekan jawaban kisi – kisi yang sudah dikirimkan ke Polsek jajaran, selain itu juga mengenai kebersihan mako dan sikap tampang serta memberian arahan dan bimbingan atas  pelaksanaan tugas yang melekat dalam fungsi di tingkat Polsek, melakukan kunjungan ke Polsek Pule Polres Trenggalek, Selasa (25/7). Kegiatan yang sudah terjadwal hari pelaksanaannya direspon seluruh anggota Polsek Pule dalam menerima team yang pimpin Kabagsumda Kompol Sumilih.

Rombongan team tiba di Polsek Pule, di sambut Kapolsek beserta jajarannya dan langsung menuju ruang rupatama sekaligus memberikan arahan. Tujuan supervisi dalam kunjunganya ke Polsek Pule dalam pengecekan sejauh mana polsek mengaplikasikan perintah satuan atas, dalam pelaksanaan tugas juga dalam rangka persiapan team wasrik dari Polda Jatim ke Polres Trenggalek. Yang tidak menutup kemungkinan untuk melakukan pengecekan di Polsek jajaran seperti Polsek Pule, dalam pelaksanakan tugas fungsi yang di supervisi Binmas, Intelkam, Sabhara, Provos dan SPKT.

“Dalam pelaksanaan tugas harus pahami aturan yang berlaku, bekerja dengan penuh keiklasan dan disiplin dalam bekerja, jaga kebersihan mako dan perhatikan sikap tampang, kedepankan sikap sopan santun dalam pelayanan kepada masyarakat. Menyikapi perkembangan situasi saat ini kewaspadaan anggota harus ditingkatkan terutama dalam pelaksanaan tugas jaga karena gangguan sudah diambang nyata, pertajam deteksi dini baik dari fungsi Intelkam dan bhabinkamtibmas sehingga terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif.” Penekanan Kabagsumda Kompol Sumilih dalam arahannya.

Fungsi Binmas agar tiap Bhabinkamtibmas mempunyai buku intel dasar yang mencakup aspek asta gatra, sehingga  memudahkan Bhabinkamtibmas untuk menentukan karakter kerawanan serta pengalangan jaringan informasi  sekecil apapun permasalahan di desa binaannya cepat diketahui Bhabinkamtibmasnya. Menurut penuturan yang disampaikan team supervisi dari unsur Binmas AKP  Suyono, SH,M.Hum.

Pengecekan dari unit Provos yang dilakukan oleh Bripka Bambang, diarahkan kepada fungsi SPKT dalam menerima dan menggunakan senpi inventaris. Selain masalah senpi yang menjadi acuan team provos yang tidak kalah urgent adalah absensi anggota, dalam mengecek sejauh mana kedisplinan anggota dalam kehadiran dinas di Mako Polsek Pule.

“Kegiatan yang dilaksanakan Polsek Pule merupakan mempersiapkan jawaban dari kisi – kisi dari team oleh Kapolsek, Wakapolsek, Para Kanit, Kasi, Kspk dan semua anggota menerima team supervisi dari Polres Trenggalek. Sebagai ketua Team Kabagsumda Kompol Sumilih. SH bersama Team Akp Suyono. SH,M.Hum. Iptu I Wayan Sumantra dan Bripka Bambang S.SH  datang langsung memberikan arahan kepada semua anggota. Setelah kegiatan yang serupa dari Polsek Suruh, ” Kata Iptu Suraji,SH,MH saat memberikan keterangan di Mako Polsek Pule.

Kegiatan pengawasan dan pengendalian  dilakukan secara berkala disetiap semeter pada lingkungan Polri, Pengawasan dan Pemeriksaan rutin yang selanjutnya disebut Wasrik rutin adalah proses identifikasi masalah, analisis dan evaluasi yang dilakukan secara independen, objektif dan profesional berdasarkan standar pemeriksaan, untuk menilai kebenaran, kecermatan, kredibilitas dan keandalan informasi mengenaipengelolaan dan pertanggungjawaban Kasatker,Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) terhadap pelaksanaan program Polri dan keuangan negara.


Sumber : Halo