Muspika Dongko Musyawarah Persiapan Gebyar Suro Tahun 2017

 0
Muspika Dongko Musyawarah Persiapan Gebyar Suro Tahun 2017by adminHT01on.Muspika Dongko Musyawarah Persiapan Gebyar Suro Tahun 2017  Polres Trenggalek – Pada hari Rabu tanggal 06/09/2017 bertempat di aula Kecamatan Dongko dilaksanakan musyawarah persiapan gebyar suro/Upacara adat Ngetung batih Kecamatan Dongko Tahun 2017. Hadir dalam kegiatan musyawarah diantaranya Muspika Dongko, kepala Dinas Instansi, Kepala Sekolah SLTP/SLTA se Kecamatan Dongko, Kepala Desa se Kecamatan Dongko dan seluruh panitia Gebyar Suro Tahun 2017 sekitar 60 […]

 

Polres Trenggalek – Pada hari Rabu tanggal 06/09/2017 bertempat di aula Kecamatan Dongko dilaksanakan musyawarah persiapan gebyar suro/Upacara adat Ngetung batih Kecamatan Dongko Tahun 2017.

Hadir dalam kegiatan musyawarah diantaranya Muspika Dongko, kepala Dinas Instansi, Kepala Sekolah SLTP/SLTA se Kecamatan Dongko, Kepala Desa se Kecamatan Dongko dan seluruh panitia Gebyar Suro Tahun 2017 sekitar 60 orang.

Ketua panitia gebyar Suro Sdr. Ichwan Sawaji,S.Pd mengatakan rapat ini untuk menentukan tanggal hari pelaksanaan gebyar suro, namun untuk sementara belum tersusun dengan rinci karena masih menunggu hari baik kegiatannya.

Ichwan Sawaji menuturkan makna
Ngetung batih bila di artikan secara umum adalah menghitung anggota keluarga, namun tidak demikian bagi masyarakat kecamatan Dongko. “Ngetung batih memiliki arti menghitung jumlah keturunan untuk selanjutnya di kumpulkan dan di doakan tiap penanggalan jawa 1 suro atau Muharam tahun baru islam” ucapnya.

Dalam kesempatan itu Camat Dongko Ir.Mulyono,M.H., selaku pembina mengatakan demi melestarikan pesona budaya dan keaslian adat luhur yang dipegang teguh hingga kini oleh masyarakat, dalam hal ini Kecamatan Dongko sebagai induk asal muasal jaranan Turonggo Yakso asli Trenggalek.
“Penting sekali melaksanakan kegiatan gebyar suro/upacara adat Ngetung batih Tahun 2017 dan selanjutnya perlu dukungan dari seluruh elemen masyarakat demi suksesnya kegiatan” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut tak lupa Kapolsek Dongko AKP Tri Basuki,S.H memberikan himbauan kepada seluruh yang hadir agar menjaga keamanan dan ketertiban serta demi suksesnya peringatan gebyar suro tahun 2017.
Melebar dari kegiatan AKP Tri Basuki sedikit menyinggung tentang musim kemarau saat ini sudah menyebabkan dampak kekeringan khususnya di daerah Cakul dan Pandean, sehingga perlu campur tangan semuanya untuk mengatasi hal tersebut.
” ini penting mari bersama mengatasi dampak kekeringan demi rasa kepedulian terhadap sesama” tandasnya.

Sdr.Sarwan selaku Sekretaris panitia gebyar suro mengucapkan terimakasih atas segala dukungan dan partisipasi aktif dari seluruh elemen yang hadir dan semoga Kedepan pelaksanaan gebyar suro/upacara adat ngetung batih Tahun 2017 kali ini dapat Sukses dan mari peduli terhadap sesama, pungkasnya.

(Sihumas Polsek Dongko)

 


Sumber : Polres Trenggalek