Simulasi Penanganan TPTKP kejadian Kecelakaan

 0
Simulasi Penanganan TPTKP kejadian Kecelakaanby adminHT01on.Simulasi Penanganan TPTKP kejadian KecelakaanPolres Trenggalek – Rabu (6/9/2017), Permasalahan dalam penanganan adanya kejadian kecelakaan menjadi topik dalam kegiatan Rabu T-Skill di Polsek Pule Polres Trenggalek, dengan dipimpin langsung Kapolsek Pule Iptu Suraji,SH dan Waka Polsek Pule Ipda Sanusi, SH. Kegiatan dalam rangka untuk meningkatkan kemampuan personal, mengingat kembali kejadian penanganan sesuai hukum formal yang ada, TPTKP harus bisa […]

Polres Trenggalek – Rabu (6/9/2017), Permasalahan dalam penanganan adanya kejadian kecelakaan menjadi topik dalam kegiatan Rabu T-Skill di Polsek Pule Polres Trenggalek, dengan dipimpin langsung Kapolsek Pule Iptu Suraji,SH dan Waka Polsek Pule Ipda Sanusi, SH. Kegiatan dalam rangka untuk meningkatkan kemampuan personal, mengingat kembali kejadian penanganan sesuai hukum formal yang ada, TPTKP harus bisa di kuasai oleh personel Polsek dalam penanganan di lapangan.

Sesuai dengan ketentuan perundang – undangan setiap pejabat Polisi Negara merupakan penyelidik, yang bertindak dalam menemukan suatu peristiwa yang diduga sebagai tindak pidana guna menentukan dapat atau tidaknya dilakukan penyidikan menurut hukum formal. Begitu juga dalam penanganan kejadian laka lantas yang sering didatangi personel Polsek Pule Polres Trenggalek dalam penanganan korban kecelakaan, adanya kejadian korban meninggal dunia seperti kejadian yang pernah terjadi di Desa Tanggaran. Penanganan sesuai dengan hukum formal permintaan Visum at repertum harus dimintakan ke pihak medis dalam hasil pemeriksaan mengenai luka yang mengakibatkan korban meninggal dunia.

Keterangan ahli, merupakan keterangan yang diberikan oleh seseorang yang memiliki keahlian khusus tentang hal yang diperlukan untuk membuat terang suatu perkara guna kepentingan pemeriksaan. Melalui Visum keterangan tentang luka yang mengakibatkan kematian akan murni nampak luka yang di akibatkan oleh kecelakaan dan juga yang diakibatkan oleh kejadian lainya akan bisa di tentukan. Sehingga akan memudahkan dari pihak polisi dalam menentukan arah penyidikan pidana kejahatan maupun pidana lalu lalu lintas yang berakibat kematian.

Selain itu, di depan Mako Polsek Pule Polres Trenggalek disimulasikan adanya kecelakaan sepeda motor. Dengan kehadiran personel Polsek Pule dalam penanganan Tempat Kejadian Perkara(TKP), adanya penandaan titik tumbur yang di tandai agar mudah dalam menganalisa kejadian. Selain penggambaran sketsa kasar di TKP, di simulasikan juga adanya personel yang meminta keterangan di lokasi guna mencari saksi-saksi untuk menguatkan adanya kejadian kecelakaan.

Dalam kegiatan simulasi, Aiptu Muhtar memberikan tanda tempat posisi kendaraan dan juga yang terlibat dalam kejadian laka lantas. Sedangkan Aiptu Mukani yang mencari saksi dalam kejadian. Kegiatan simulasi penanganan TPTKP laka lantas memang sudah di kuasai oleh personel Polsek Pule, akan tetapi untuk program pelatihan agar kemampuan yang dimiliki dari sebatas mampu akan lebih meningkat lebih mampu dalam hal olah TKP laka lantas.

” Kita apresiasikan kegiatan Rabu T-Skill dengan latihan olah TKP laka lantas, dengan tujuan kedepanya tidak adanya kekeliruan apabila menangani kejadian laka lantas dari adanya laporan masyarakat. Dalam menuju Polri yang profesional dan dipercaya masyarakat, ” Jelas Kapolsek Pule Suraji, SH.


Sumber : Polres Trenggalek