Pentingnya Imunisasi MR (Campak Rubella) untuk Anak

 0
Pentingnya Imunisasi MR (Campak Rubella) untuk Anakby adminHT01on.Pentingnya Imunisasi MR (Campak Rubella) untuk AnakPolres Trenggalek – Bhabinkamtibmas Desa Senden Polsek Kampak Polres Trenggalek mengunjungi kegiatan imunisasi MR (campak rubella) yang diadakan dibalai Desa Senden Kecamatan Kampak, Trenggalek, Senin (11/09/2017). Belakangan ini, pemerintah sedang menggalakkan pemberian imunisasi MR (campak rubella) pada anak, Campak alias measles adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dan dapat ditularkan melalui batuk dan bersin. Penyakit ini sangat mudah menular […]

Polres Trenggalek – Bhabinkamtibmas Desa Senden Polsek Kampak Polres Trenggalek mengunjungi kegiatan imunisasi MR (campak rubella) yang diadakan dibalai Desa Senden Kecamatan Kampak, Trenggalek, Senin (11/09/2017).

Belakangan ini, pemerintah sedang menggalakkan pemberian imunisasi MR (campak rubella) pada anak, Campak alias measles adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dan dapat ditularkan melalui batuk dan bersin. Penyakit ini sangat mudah menular dan banyak menyerang anak-anak.

Bidan dan Perawat Polindes Desa Senden menjelaskan bahwa gejala campak termasuk demam tinggi (suhunya dapat mencapai hingga 40⁰ C), bercak kemerahan di kulit, konjungtivitis, batuk, dan hidung berair. Selain itu, anak yang menderita campak menjadi lemas dan nafsu makannya menjadi menurun.

Bidan dan Perawat Polindes Desa Senden menerabngkan bahwa Rubella atau yang sering disebut juga campak jerman, adalah penyakit menular yang juga disebabkan oleh virus. Penularannya terjadi melalui udara. Pada anak, gejala dari penyakit ini biasanya hanya demam ringan (dengan suhu 37,2⁰ C) atau bahkan tanpa gejala sehingga sering tidak terdeteksi.

Kedua penyakit ini merupakan penyakit yang mudah menular dan banyak menyerang anak-anak. Hal yang ditakutkan dari kedua penyakit tersebut adalah komplikasinya.

Campak dapat menyebabkan komplikasi serius seperti pneumonia (radang paru), ensefalitis (radang otak), kebutaan, gizi buruk hingga berujung pada kematian. Sedangkan komplikasi yang dapat ditimbulkan akibat infeksi rubella yaitu kelainan pada jantung dan mata, ketulian, dan keterlambatan perkembangan.

Imunisasi campak rubella dilakukan lewat penyuntikan dengan dosis 0,5 ml. Pemerintah menyediakan pelayanan imunisasi MR secara gratis pada bulan Agustus-September 2017 dan 2018. Imunisasi MR tersebut di sekolah-sekolah, Puskesmas, Posyandu dan fasilitas kesehatan lainnya, Bhabinkamtibmas Desa Senden Polsek Kampak Polres Trenggalek Brigadir Imron Rosyadi membantu petugas kesehatan dengan cara memberikan tanda warna pada kuku anak anak yang telah menerima vaksin imunisasi campak rubella.

“Semoga generasi penerus bangsa dapat menjadi generasi yang sehat, kuat, dan cerdas, dan tak ada lagi anak anak yang menderita campak rubella, amin” ujar Brigadir Imron Rosyadi.


Sumber : Polres Trenggalek