Bhabinkamtibmas sebagai Indikator Pendekatan Kemitraan

 0
Bhabinkamtibmas sebagai Indikator Pendekatan Kemitraanby adminHT01on.Bhabinkamtibmas sebagai Indikator Pendekatan KemitraanPolres Trenggalek – Rangkaian esensi pemelihara keamanan dan ketertiban dalam hal ini Polri sebagai garda terdepan menciptakan kualitas keamanan untuk menjamin terciptanya rasa aman dan tentram di masyarakat. Paradigma perubahan Polri saat ini diarahkan untuk meningkatkan sinergitas kemitraan dengan berbagai pihak, khususnya dengan masyarakat. Hal ini sangat penting karena masyarakat sebagai subjek pelayanan Polri juga […]

Polres Trenggalek – Rangkaian esensi pemelihara keamanan dan ketertiban dalam hal ini Polri sebagai garda terdepan menciptakan kualitas keamanan untuk menjamin terciptanya rasa aman dan tentram di masyarakat.

Paradigma perubahan Polri saat ini diarahkan untuk meningkatkan sinergitas kemitraan dengan berbagai pihak, khususnya dengan masyarakat. Hal ini sangat penting karena masyarakat sebagai subjek pelayanan Polri juga memiliki potensi yang sangat besar untuk diberdayakan sebagai elemen pendukung dalam menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif.

Seperti dilakukan Bhabinkamtibmas Desa Cakul Polsek Dongko Polres Trenggalek Bripka Agus Mulyono,S.H saat pendekatan dan kemitraan dengan masyarakat, terlihat akrab dengan warga binaannya untuk berinteraksi tentang kamtibmas dilingkungan Rukun Tetangga (RT), hal ini berdaya guna untuk memberikan dorongan agar masyarakat berperan aktif menjaga keamanan dilingkungan tempat tinggalnya serta memberikan informasi kepada petugas Bhabinkamtibmas, Selasa 12/09/2017.

Pada kesempatan terpisah Kapolsek Dongko Polres Trenggalek AKP Tri Basuki,S.H. menuturkan dalam hal ini peran aktif masyarakat untuk memberikan masukan, informasi, pendapat, kritik maupun saran kepada kepolisian akan menciptakan perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan Polri dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat itu sendiri.
” Termasuk dalam kemitraan serta memberikan rasa aman sekaligus menjamin kualitas kehidupan masyarakat dari ancaman gangguan Kamtibmas” tuturnya.

Untuk itu, kedekatan antara polisi dengan masyarakat harus dibina hingga di lingkup sosial masyarakat terkecil. Dalam hal ini Rukun Tetangga (RT) sebagai komunitas masyarakat paling dasar akan sangat ideal menjadi sasaran pendekatan kemitraan Polisi dengan masyarakat.

Dengan adanya peran anggota polisi di tingkat Desa, maka kedekatan antara polisi dengan warganya dapat dibangun secara personal. Karena masyarakat ditingkat RT mengetahui dengan baik satu sama lain dan bisa diorganisir dengan lebih baik.
“Sehingga diharapkan proses interaksi, diskusi, komunikasi dan kerjasama antara polisi dengan masyarakat dalam berbagai bidang yang berkaitan dengan cipta kondisi keamanan dilingkungan warga dapat dibina dengan lebih solid” tegasnya.

Dengan demikian diharapkan setiap Polisi Desa / Bhabinkamtibmas dapat membaur menjadi bagian integral dari komunitas masyarakat di setiap RT, sehingga masyarakat mengenal sosok polisi dan polisi juga mengenal secara rinci masyarakat di wilayah binaannya, pungkas AKP Tri Basuki.

Penulis : Endro Tri
#Humas Polsek Dongko

 


Sumber : Halo