Kapolsek Pogalan Sampaikan Materi Dalam Kegiatan Malam Tirakatan 1 Suro

 0
Kapolsek Pogalan Sampaikan Materi Dalam Kegiatan Malam Tirakatan 1 Suroby adminHT01on.Kapolsek Pogalan Sampaikan Materi Dalam Kegiatan Malam Tirakatan 1 SuroPolres Trenggalek – Pada Rabu 20 September 2017 sekitar pukul 20.00 WIB s/d 03.00 WIB telah dilaksanakan kegiatan ngangklang /malam tirakatan 1 suro oleh PSHT ranting Pogalan yang bertempat di Balai Desa Gembleb Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek dengan penanggung jawab ketua PSHT Kecamatan Pogalan yaitu Kukuh Widyatmoko. Rabu (20/09). Kegiatan ini dihadiri oleh 200 orang […]

Polres Trenggalek – Pada Rabu 20 September 2017 sekitar pukul 20.00 WIB s/d 03.00 WIB telah dilaksanakan kegiatan ngangklang /malam tirakatan 1 suro oleh PSHT ranting Pogalan yang bertempat di Balai Desa Gembleb Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek dengan penanggung jawab ketua PSHT Kecamatan Pogalan yaitu Kukuh Widyatmoko. Rabu (20/09).

Kegiatan ini dihadiri oleh 200 orang yang terdiri dari siswa PSHT ranting Pogalan dengan jumlah 65 orang, dan pendamping PSHT ±135 orang. Adapun rangkaian acara yaitu siswa PSHT mengisi administrasi, penyampaian materi tentang kamtibmas oleh Kapolsek Pogalan Polres Trenggalek AKP Warjito, S.H. dengan inti yang pertama yaitu peringatan bahwa menuntut ilmu adalah kewajiban kita dan penyampaian harapan semoga ilmu yang dipelajari menjadi berkah untuk dibawa saat akhir nanti.

Inti yang kedua, himbauan bahwa ilmu bela diri yang memiliki unsur seni, olahraga, dan beladiri diri ini harus dipelajari dengan penuh pendalaman serta peresapan untuk menangkis kejahatan. Yang terakhir adalah harapan dari Kapolsek Pogalan Polres Trenggalek AKP Warjito, S.H., jika siswa sudah disahkan menjadi warga PSHT nanti harus bisa menjadi panutan yang baik untuk adik tingkatnya.

Usai penyampaian himbauan dari Kapolsek Pogalan, dilanjut dengan penyampaian materi keorganisasian oleh Sdr. Sunawan, penyampaian materi tentang makna bulan suci oleh Sdr. Andy, penyampaian materi pepacuh (larangan) PSHT, selamatan, persiapan pemberian kesah (ilmu), pelaksanaan pemberian kesah (ilmu), acara inti yaitu ngangklang (tirakatan) dengan jalan kaki ± 5 Km memutari Desa Gembleb dan kembali ke Balai Desa Gembleb.

Selama giat ngangklang/malam tirakatan satu suro PSHT ranting Pogalan di Balai Desa Gembleb Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek berjalan aman tertib dan kondusif dengan petugas jaga 5 personil dari Polsek Pogalan Polres Trenggalek yang siap menjaga keamanan dan ketertiban.

“Jika dengan ikut perguruan bela diri dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya maka akan memberikan kedamaian dan ketentraman di lingkungan masyarakat,” ujar AKP Warjito, S.H.


Sumber : Halo