Gentong Mania

 0
Gentong Maniaby adminHT01on.Gentong ManiaPolres Trenggalek – Kata gentong identik dengan suatu wadah atau penampung air yang terbuat dari tanah liat. Namun gentong yang satu ini lain daripada yang lain,  karena merupakan suatu bak penampung yang dikhususkan untuk pendistribusian air bersih kepada masyarakat dan diangkut oleh mobil Patroli Polisi, inilah Patroli gentong misi kemanusiaan Polsek Dongko Polres Trenggalek. Dari […]

Polres Trenggalek – Kata gentong identik dengan suatu wadah atau penampung air yang terbuat dari tanah liat.
Namun gentong yang satu ini lain daripada yang lain,  karena merupakan suatu bak penampung yang dikhususkan untuk pendistribusian air bersih kepada masyarakat dan diangkut oleh mobil Patroli Polisi, inilah Patroli gentong misi kemanusiaan Polsek Dongko Polres Trenggalek.

Dari ide kreatif seorang Kepala Kepolisian Sektor yang bertugas di daerah pegunungan dan daerahnya identik dengan rawan bencana kekeringan pada saat musim kemarau tiba.
Namanya Ajun Komisaris Polisi Tri Basuki,S.H., pria yang menjabat Kapolsek Dongko Polres Trenggalek Polda Jawa Timur yang telah menemukan ide untuk untuk memodifikasi kendaraan dinas Patroli menjadi Mobil Patroli Gentong misi kemanusiaan.

Kapolsek yang akrab dipanggil Pak.Tri ini menuturkan patroli gentong misi kemanusiaan dalam rangka pengiriman air bersih kepada warga yang membutuhkan khususnya di daerah terdampak kekeringan Wilayah Kecamatan Dongko diantaranya Desa Petung dan Cakul serta sebagian Pandean dengan  tema Patroli gentong misi Polisi Peduli sesama (P2S) sesuai yang di programkan Kepala Kepolisian Resort Trenggalek AKBP Doni Adityawarman, S.I.K.,M.Si.

Mobil Patroli gentong merupakan ikon dari Polsek Dongko Polres Trenggalek karena merupakan satu-satunya kendaraan dinas Kepolisian yang di modifikasi sedemikian rupa untuk misi kemanusiaan.

“Dalam setiap pengiriman air ke daerah terdampak selalu dikerumuni para gentong mania” tuturnya di sela kegiatannya menuangkan air di jerigen milik warga yang kali ini lokasi di Rt 25/13 Dusun Nglaran Desa Cakul Kecamatan Dongko. Jum’at 22/09/2017.

Mbah Musinah penerima manfaat dari pengiriman air patroli gentong Polsek Dongko Polres Trenggalek mengatakan Red jawa ” Matursuwun Pak Polisi, sampun purun ngrencangi wargo dusun ngentun toya,  mugi-mugi amal kesaenan panjenengan dipun wales dening gusti ingkang murbeng dumadi, aamiin (Terimakasih Pak Polisi, sudah mau membantu warga Desa untuk mengirimkan air,  semoga amal kebaikanmu di balas oleh Tuhan Sang pencipta, aamiin) “pungkasnya.

Penulis : Heri Tftt
Humas Polsek Dongko


Sumber : Halo