Perduli Keselamatan Diri Sendiri, Saat Berkendara Gunakan Helm

 0
Perduli Keselamatan Diri Sendiri, Saat Berkendara Gunakan Helmby adminHT01on.Perduli Keselamatan Diri Sendiri, Saat Berkendara Gunakan HelmPolres Trenggalek – Bhabinkamtibmas Desa Karangrejo Polsek Kampak Polres Trenggalek Aiptu Sumani bertemu dengan para ibu ibu yang bercengkerama di pinggir jalan sambil bercerita harga makanan ringan berupa rengginang, Sabtu (23/09/2017). Ibu ibu yang bercengkerama di pinggi jalan desa Karangrejo Kampak Trenggalek tersebut salah satunya tanpa sadar mengendarai sepeda motor tanpa menggunakan helm, dengan kata […]

Polres Trenggalek – Bhabinkamtibmas Desa Karangrejo Polsek Kampak Polres Trenggalek Aiptu Sumani bertemu dengan para ibu ibu yang bercengkerama di pinggir jalan sambil bercerita harga makanan ringan berupa rengginang, Sabtu (23/09/2017).

Ibu ibu yang bercengkerama di pinggi jalan desa Karangrejo Kampak Trenggalek tersebut salah satunya tanpa sadar mengendarai sepeda motor tanpa menggunakan helm, dengan kata kata sopan Aiptu Sumani mengingatkan bahwa helm bukan sekedar untuk pemanis penampilan saat berkendara, namun berfungsi melindungi kepala pada saat terjadi benturan ataupun terjatuh saat berkendara.

Satu dari tiga pengguna sepeda motor yang terluka, mengalami cedera kepala (gegar otak).
Penelitian di Indonesia menunjukkan bahwa satu dari tiga orang yang kecelakaan sepeda motor mengalami cedera di kepala, yang bisa mengakibatkan gangguan pada otak, pusat system syaraf, dan urat syaraf tulang belakang bagian atas.

Cedera di kepala utamanya disebabkan benturan, apabila kepala mendadak terkena benturan dengan benda keras atau permukaan yang tidak dapat bergerak (seperti jalanan, trotoar, mobil atau tonggak), maka bagian dari kepala yang terkena benturan, seketika akan berhenti bekerja.

Namun bagian lain dari kepala tetap bergerak, sehingga otak dan tengkorak kepala mungkin robek atau pecah sebelum berhenti bekerja, bila tengkorak retak, mungkin otak akan mengalami koyakan karena benda, batu di jalan dan/atau pecahan tulang. Bahkan bila tengkorak tidak retak, otak bisa saja luka karena dampak dari benturan.
Gegar otak sangat sulit dan jarang untuk bisa pulih kembali.

“Mari jaga keselamatan diri dengan menggunakan helm, ingat rasa rengginang masih enak ibu ibu” ujar Aiptu Sumani disambut tawa para ibu ibu dilokasi.

 


Sumber : Polres Trenggalek