Bhabinkamtibmas Sampaikan Pesan Saat Sambang di Desa Pakel

 0
Bhabinkamtibmas Sampaikan Pesan Saat Sambang di Desa Pakelby adminHT01on.Bhabinkamtibmas Sampaikan Pesan Saat Sambang di Desa PakelPolres Trenggalek – Musim mendekati pergantian dari beberapa bulan yang lalu cuaca panas tidak turun hujan yang berakibat dibeberapa daerah terancam kekurangan air, dengan menggerakan beberapa instansi turun untuk droping air konsumsi. Musim penghujan sudah mulai terasakan di wilayah Pule dengan turunnya hujan yang beberapa hari ini. Dari kejadian alam yang nampak terjadinya perubahan iklim, […]

Polres Trenggalek – Musim mendekati pergantian dari beberapa bulan yang lalu cuaca panas tidak turun hujan yang berakibat dibeberapa daerah terancam kekurangan air, dengan menggerakan beberapa instansi turun untuk droping air konsumsi. Musim penghujan sudah mulai terasakan di wilayah Pule dengan turunnya hujan yang beberapa hari ini. Dari kejadian alam yang nampak terjadinya perubahan iklim, akan mengakibatkan terjadinya kejadian yang tidak diinginkan seperti bahaya bencana tanah longsor yang sering terjadi di wilayah pegunungan. Guna mengecek situasi dan jalannya Kamtibmas, Bhabinkamtibmas Desa Pakel Polsek Pule Polres Trenggalek melakukan kegiatan sambang ke balai desa binaanya, Kamis (28/9/2017).

Kegiatan yang diterima oleh Kasun Dusun Ponggok Karmen, Kasun Dusun Gladak Gunaris dan Kaur Pemerintahan Suwanto. Bhabinkamtibmas Desa Pakel Polsek Pule Polres Trenggalek di persilahkan untuk menyampaikan arahan yang akan ditindak lanjuti apabila diperlukan penyampaian ke pada masyarakat, diruang kepala Desa Pakel. Mengingat tidak adanya ditempat kepala Desa Pakel, karena menghadiri kegiatan undangan yang disampaikan Babinsa Serda Woto dalam kegiatan di Kodim Trenggalek.

Pada saat Bhabinkamtibmas Polsek Pule Polres Trenggalek berada di desa Pakel, suasana alam waktu itu sedang turun hujan lebat. Berkenaan dengan itu disampaikanya kehati – hatian menyikapi turunnya hujan dan bahaya longsor. Kejadian bencana longsor memang tidak bisa diprediksi, akan tetapi dari adanya kejadian alam lainnya seperti perubahan ekosistem tumbuhan dan lainnya maka gejala adanya bencana yang akan terjadi. Dengan ditebangnya pohon sebagai penyangga air hujan bila turun, apabila tidak tersedia akan menimbulkan pergerakan tanah yang berakibat tanah longsor. Merujuk dari itu semua, disampaikan kepada Kasun agar menjaga lingkungan agar disampaikan warga diseputaran wilayah Pakel dalam turut serta menjaga lingkungan. Yang wilayah dari Desa Pakel didominasi dari Dusun Ponggok wilayah timur sampai Dusun Gladak semua didominasi wilayah pegunungan yang sering timbul kejadian bencana alam di musim penghujan.

“Tanah longsor tidak hanya akan terjadi pada tanah yang gundul, tetapi dapat juga terjadi pada tanah yang memang memiliki vegetasi baik. Sehingga perlu adanya tindakan pencegahan yang bisa meminimalisir dampak longsor. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan tanah longsor bisa terjadi di suatu wilayah, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Apa sajakah faktor faktor tersebut, berikut adalah faktor yang dapat menyebabkan terjadinya longsor.Faktor internal yang bisa menyebabkan terjadinya tanah longsor adalah adanya perubahan kemiringan lahan dari yang memiliki kemiringan landai menjadi curam. Selain itu jenis jenis bebatuan dan juga tingkat pelapukan bisa menyebabkan tanah longsor. Selain itu getaran gempa tektonik juga dapat menyebabkan tanah longsor bisa saja terjadi dan penebangan kayu sebagai penyangga air hujan, ” Jelas Bripka Saiful Anwar, SH Bhabinkamtibmas Polsek Pule Polres Trenggalek yang ditempatkan di Desa Pakel sebagai binaanya.


Sumber : Halo