Kapolsek Dongko Mengikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila Berikut Penjelasannya

 0
Kapolsek Dongko Mengikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila Berikut Penjelasannyaby adminHT01on.Kapolsek Dongko Mengikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila Berikut PenjelasannyaPolres Trenggalek – Minggu 1 Oktober 2017 bertempat di halaman Kantor Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek dalam rangka Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila dengan tema “Kerja Bersama Berlandaskan Pancasila Mewujudkan Masyarakat yang Adil dan Makmur”. Hadir dalam kegiatan upacara Muspika Dongko, pejabat dinas Instansi dilingkungan UPTD DIKPORA Kecamatan Dongko, Kepala Desa se Kecamatan Dongko dan diikuti […]

Polres Trenggalek – Minggu 1 Oktober 2017 bertempat di halaman Kantor Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek dalam rangka Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila dengan tema “Kerja Bersama Berlandaskan Pancasila Mewujudkan Masyarakat yang Adil dan Makmur”.

Hadir dalam kegiatan upacara
Muspika Dongko, pejabat dinas Instansi dilingkungan UPTD DIKPORA Kecamatan Dongko, Kepala Desa se Kecamatan Dongko dan diikuti peserta upacara 3 pleton Barisan korpri, 6 pleton siswa Sekolah Menengah Atas dan 6 pleton siswa Sekolah Menengah Pertama.

Bertindak selaku Inspektur upacara camat dongko Ir. Mulyono,MH
dalam amanatnya mengatakan
Semua masyarakat pastinya sudah mengetahui tentang sejarah G-30S PKI yang begitu tragis. Diharapkan dengan sejarah tersebut, masyarakat indonesia akan tergugah hatinya untuk semakin bersemangat berjuang bersama untuk tetap memperjuangkan dan menjaga keutuhan Pancasila di tanah air Indonesia ini.
“Salah satu fenomena dalam era Globalisasi adalah terjadinya lintas batas nilai-nilai antar bangsa bahkan antar komunitas atau kelompok-kelompok masyarakat yang lebih kecil. Di antara nilai atau faham yang melintas-batas itu adalah radikalisme. Faham ini karakternya adalah selalu merasa yang paling benar sendiri dan mengabaikan hak-hak dasar orang lain” ucapnya.

Sudah tentu radikalisme dan faham sejenis lainnya sangatlah bertentangan dengan Pancasila yang sangat menghormati dan menghargai kebhinekaan. Oleh karena itu, kita harus bersyukur dan terus memperkuat Pancasila yang telah menunjukkan dan memungkinkan kita hidup berdampingan secara damai, harmonis dan penuh toleransi dengan siapa saja yang berbeda latar belakang agama, suku, ras, adat istiadat dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sekaligus, kita harus mengikis benih dan tumbuhnya nilai-faham radikalisme dan sejenisnya.

” Akhirnya, peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang kita peringati setiap tahun haruslah kita jadikan sebagai upaya melestarikan, mengamalkan, mengembangkan dan mempromosikan Pancasila sebagai sumber nilai yang telah teruji dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Selamat memperingati Hari Kesaktian Pancasila 2017, semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, senantisa membimbing dan meridhoi usaha kita semua. Dan semoga apa yang kita lakukan termasuk bagian dari amal kebajikan”. Pungkas Ir. Mulyono, MH.

Ditemui setelah kegiatan Upacara  Kapolsek Dongko Polres Trenggalek AKP Tri Basuki,S.H., mengatakan Untuk membangun bangsa dan negara yang kita cintai ini, dibutuhkan kerja keras bersama berlandaskan Pancasila. Pancasila adalah sumber nilai jati diri bangsa sekaligus fondasi negara kita. Sebagai falsafah negara, Pancasila menjadi acuan kita dalam mewujudkan Indonesia yang adil, makmur, dan sejahtera.

“Kita semua, tentu ingin membangun bangsa yang berperadaban unggul, yang salah satu cirinya adalah bangsa yang mampu menunjukkan karakter dan jati dirinya, tanpa harus kehilangan kesempatan dan kemampuan berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain, sekaligus mampu mengaktualisasikan makna yang dikandungnya sesuai dengan perkembangan zaman. Dengan demikian, Pancasila menjadi sistem nilai yang hidup” imbuh AKP Tri Basuki.

Penulis : Endro Tri
Humas Polsek Dongko


Sumber : Polres Trenggalek