Wapadai Penipuan Modus ATM Macet

 0
Wapadai Penipuan Modus ATM Macetby adminHT01on.Wapadai Penipuan Modus ATM MacetPolres Trenggalek – Ka SPK Polsek Kampak Polres Trenggalek Aiptu Hendro Suyoto pantau kegiatan masyarakat di sekitar ATM Bank BRI unit Kampak Trenggalek sebagai langkah antisipasi modus penipuan ATM, Senin (01/10/2017). ATM saat ini menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat untuk melakukan penarikan sejumlah uang. Dengan kartu ATM nasabah akan lebih dimudahkan dalam melakukan transaksi melalui […]

Polres Trenggalek – Ka SPK Polsek Kampak Polres Trenggalek Aiptu Hendro Suyoto pantau kegiatan masyarakat di sekitar ATM Bank BRI unit Kampak Trenggalek sebagai langkah antisipasi modus penipuan ATM, Senin (01/10/2017).

ATM saat ini menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat untuk melakukan penarikan sejumlah uang. Dengan kartu ATM nasabah akan lebih dimudahkan dalam melakukan transaksi melalui mesin ATM yang telah disiapkan oleh bank, seperti melakukan pembayaran apa saja, transfer uang, isi ulang pulsa, dan tarik tunai uang tabungan. Selain itu, dengan adanya kartu ATM nasabah tidak perlu lagi membawa uang tunai ketika ingin belanja di supermarket, cukup menggunakan kartu ATM maka anda bisa membayar semua barang yang anda beli, dengan syarat saldo tabungan mencukupi.

Namun dibalik kemudahan penggunaan ATM terselip kasus hukum seperti penipuan dimana para pelaku menggunakan modus berpura pura membantu masyarakat yang kartu ATM miliknya terjebak didalam mesin ATM serta pelaku kejahatan menempel nomor call center palsu sehingga nasabah menghubungi penipu tersebut. Uang di ATM pun terkuras.

Kebanyakan cara yang dilakukan para pelaku kejahatan adalah, ketika korban memasukan kartu ATM-nya mesin dan transaksi tidak berfungsi. Sementara ATM-nya lengket. Saat itu, korban berusaha mengeluarkan kartu ATM tersebut tapi gagal. Kemudian korban keluar, dengan maksud mengurusnya langsung ke Bank keesokan harinya. Namun baru selangkah keluar dari bilik ATM, korban bertemu seorang pria tidak dikenalnya. Pelaku kemudian menyapanya, dan bertanya apa masalahnya.  Kemudian pelaku mengajak korban kembali ke bilik dan menyarankan agar menghubungi Call Center yang tertera di mesin ATM tersebut. Dan pelaku menyamar sebagai operator Bank. Korbanpun diminta untuk menyebutkan PIN (Personal Identification Number)-nya. Dan pelaku mengatakan kepada korban bahwa rekeningnya sudah diblokir. Namun ternyata hal tersebut adalah alasan pelaku untuk memuluskan aksi kejahatannya. Alhasil ATM yang tersangkut tersebut digunakan pelaku untuk menguras isi saldo milik korban.

“Mari waspada, jika ATM tertelan mesin atau tersangkut, segera hubungi polsek terdekat, jangan mudah percaya dengan bujuk rayu orang yang menawarkan bantuan” ujar Aiptu Hendro Suyoto Ka SPK Polsek Kampak Polres Trenggalek.


Sumber : Halo