Awas Berhati – Hati Bila Mendapat Telepon Dari Orang Tak Dikenal

 0
Awas Berhati – Hati Bila Mendapat Telepon Dari Orang Tak Dikenalby adminHT01on.Awas Berhati – Hati Bila Mendapat Telepon Dari Orang Tak DikenalPolres Trenggalek – Modus kejahatan yang dilakukan oleh pelaku (dader or doer) dalam melakukan aksinya dengan berbagaicara modus operandinya dari kejahatan jalanan seperti jambret yang menggasak korbanya di jalan ada juga modus yang menggunakan perkembangan komunikasi seperti pesawat telepon. Dengan cara ini pelaku (dader or doer) kejahatan sering menggunakan alih – alih mengaku sebagai pejabat […]

Polres Trenggalek – Modus kejahatan yang dilakukan oleh pelaku (dader or doer) dalam melakukan aksinya dengan berbagaicara modus operandinya dari kejahatan jalanan seperti jambret yang menggasak korbanya di jalan ada juga modus yang menggunakan perkembangan komunikasi seperti pesawat telepon. Dengan cara ini pelaku (dader or doer) kejahatan sering menggunakan alih – alih mengaku sebagai pejabat dan orang yang berpengaruh. Kejadian ada, seperti yang disampaikan Kanit Binmas Polsek Pule Polres Trenggalek Aiptu Santoso, SH, Selasa (3/10/2017) saat menerima informasi dari salah satu warga Pule.

Kurang lebih isi dari informasi yang disampaikan begini,”Assalamualaikum Pak Baru saja tetangga saya yang menjadi siswa SMP di Pule kelas 7b hampir saja terkena penipuan pak, mengatasnamakan bendahara dan kepala sekolah SMP di Pule. Modusnya memberikan beasiswa dari sekolah, dengan meminta untuk transfer uang kerekening untuk mengurus administrasinya”, informasi yang diterima Kanit Binmas Polsek Pule Polres Trenggalek Aiptu Santoso melalui pesan what apps yang sering digunakan.

Menyikapi atas kejadian yang diterima warga yang anaknya akan mendapat beasiswa, adanya peran aktif salah satu keluarga yang mengklarifikasi kebenaran adanya beasiswa ke kepala sekolah. Diterima tidak adanya pengajuan dari salah satu siswa yang dimaksud, akhirnya berkesimpulan bahwa kebenaranya tidak ada yang memastikan berarti kabar bohong atau hoax. Untung saja belum adanya transaksi yang menyangkut pengiriman uang ke rekening yang dimaksud, beruntung pelaku yang akan melakukan penipuan via telepon bisa digagalkan adanya klarifikasi ke pihak yang bersangkutan.

“Untuk menghindarinya sebelum melakukan sesuatu yang para penipu inginkan hendaknya cek terlebih dahulu kebenaran berita yang disampaikan. Sedangkan untuk kasus hipnotis, usahakan jangan sampai terlalu serius mendengarakan omongan orang yang tidak dikenal (putuskan saja jika dirasa mengganggu tidak usah merasa tidak enak atau tidak sopan) itu beberapa cara menghindari kejahatan via telepon, ” jelas Kanit Binmas Polsek Pule Polres Trenggalek Aiptu Santoso saat dikonfirmasi siang tadi.


Sumber : Halo