Mari Laksanakan Reboisasi Demi Kelangsungan Hutan

 0
Mari Laksanakan Reboisasi Demi Kelangsungan Hutanby adminHT01on.Mari Laksanakan Reboisasi Demi Kelangsungan HutanPolres Trenggalek – Bhabinkamtibmas Desa Timahan Polsek Kampak Polres Trenggalek Brigadir Puguh mengikuti kegiatan reboisasi di kawasan hutan petak 134d KRPH Kampak utara masuk Rt, 21,22, 24 Dusun Genuk Desa Timahan Kampak Trenggalek, Sabtu (14/10/2017). Reboisasi adalah penanaman hutan kembali. Reboisasi merupakan kegiatan untuk menanam tanaman di hutan, karena tanaman di hutan telah habis, biasanya […]

Polres Trenggalek – Bhabinkamtibmas Desa Timahan Polsek Kampak Polres Trenggalek Brigadir Puguh mengikuti kegiatan reboisasi di kawasan hutan petak 134d KRPH Kampak utara masuk Rt, 21,22, 24 Dusun Genuk Desa Timahan Kampak Trenggalek, Sabtu (14/10/2017).

Reboisasi adalah penanaman hutan kembali. Reboisasi merupakan kegiatan untuk menanam tanaman di hutan, karena tanaman di hutan telah habis, biasanya akibat deforestisasi atau penggundulan hutan akibat kegiatan manusia .

Reboisasi berarti penanaman pohon di hutan dengan tujuan mengembalikan hutan seperti sedia kala yang penuh dengan tanaman, reboisasi sering juga disebut sebagai pemulihan hutan. Daerah reboisasi sebelumnya ditanami hutan, disebut sebagai reforestasi.

Untuk kegiatan Reboisasi yang dilaksanakan tersebut ditanami bibit pohon pinus sebanyak 2,9 ha, sedangkan lahan yg ditanami pohon sengon laut adalah 1,1 ha, tanaman pendamping kelapa dan pohon Suren, adapun maksud reboisasi ini untuk meremajakam kembali lahan, pohon pinus yg dulu sudah ditebang karena sudah tua untuk diganti pohon yg lebih produktif.

Adapun maksud dan tujuan reboisasi adalah mengurangi erosi tanah oleh angin dan air, pelestraian kesuburan lahan pertanian sekitarnya, kenaikan kadar air tanah, perlindungan cekungan air tanah, restorasi keanekaragaman hayati, menghentikan ancaman penggurunan, dan pencegahan banjir oleh penyimpanan air kapasitas tinggi di hutan.

Selanjutnya dilaksanakan penyerahan secara simbolis bibit kelapa hibrida kepada para penggarap lahan perhutani oleh Brigadir Puguh Bhabinkamtibmas Desa Timahan Polsek Kampak Polres Trenggalek.

“Mari kita lestarikan hutan demi anak cucu kita dimasa depan, bijaksana dan bertanggung jawab terhadap kelangsungan hutan” ujar Brigadir Puguh.


Sumber : Polres Trenggalek