Jadi Pemateri Pelatihan Bela Negara, Kasat Binmas Polres Trenggalek Ingatkan Karakter Kebangsaan

 0
Jadi Pemateri Pelatihan Bela Negara, Kasat Binmas Polres Trenggalek Ingatkan Karakter Kebangsaanby adminHT01on.Jadi Pemateri Pelatihan Bela Negara, Kasat Binmas Polres Trenggalek Ingatkan Karakter KebangsaanPolres Trenggalek – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Trenggalek menggelar pelatihan bela negara. Kegiatan ini melibatkan pihak terkait dan personil TNI dan Polri sebagai instruktur dan pelatih. Pelatihan bela negara berlangsung selama tiga hari, yang secara resmi di buka pada hari Rabu tanggal 18 Oktober 2017 (kemaren) sampai dengan upacara penutupan yang rencana […]

Polres Trenggalek – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Trenggalek menggelar pelatihan bela negara. Kegiatan ini melibatkan pihak terkait dan personil TNI dan Polri sebagai instruktur dan pelatih.

Pelatihan bela negara berlangsung selama tiga hari, yang secara resmi di buka pada hari Rabu tanggal 18 Oktober 2017 (kemaren) sampai dengan upacara penutupan yang rencana akan di tutup pada hari Jumat tanggal  20  Oktober 2017 sore, bertempat di halaman Makodim 0806 Trenggalek.

Sebanyak tiga personel  dari Satbinmas Polres Trenggalek sejak di bukanya kegiatan pelatihan bela negara di tunjuk untuk mengisi sebagai instruktur dan pelatih bagi  95 para peserta yang di iikuti oleh perwakilan dari SMA/SMK, mahasiswa, unsur aparatur daerah dan ormas se – Kabupaten Trenggalek.

Kegiatan pelatihan bela negara diisi dengan rangkaian kegiatan yang dirancang sedemikan rupa sebagai implementasi nilai – nilai yang terkandung dalam sikap, ketrampilan, dan kedisiplinan serta kepemimpinan generasi muda yang akan menjadi generasi penerus bangsa. Berbagai rangkaian kegiatan pelatihan bela negara peserta mendapatkan materi – materi dari nara sumber profesional di bidangnya, pelatihan PBB, outbond, dan lain – lainnya.

Kapolres Trenggalek AKBP Donny Adityawarman, S.H.,M.Si., dalam hal ini diwakili Kasat Binmas Polres Trenggalek AKP Suyono, S.H.,M.Hum.,hari ini  terjadwal memberikan materi dalam kegiatan pelatihan bela negara bertempat di aula Makodim 0806 Trenggalek. Kamis (19/10).

Dalam penyampaian materi  AKP Suyono mengajak para peserta untuk dapat beradaptasi dengan tuntutan jaman serta bisa menjadi bagian dari kekuatan perubahan dan sekaligus untuk tetap sebagai komponen yang dinamis dalam mengisi peran dan fungsi yang komplemeter bagi bela negara.

“Para peserta yang hadir dalam pelatihan ini adalah generasi penerus bangsa yang nantinya akan menjadi tulang punggung negara, untuk itu sebagai generasi penerus harus tau perkembangan situasi saat ini “, ucapnya.

Peran generasi muda dalam menghadapi proxy war haruslah peka karena saat ini bangsa Indonesia sedang menghadapi perang proxy war untuk itu mengajak kepada para peserta harus waspada dan jangan mudah terhasut dengan kelompok yang ingin memecah belah bangsa.

“Sebagai generasi muda haruslah hati – hati di era sekarang karena saat ini banyak medsos yang memeberikan berita yang belum tentu benar”, katanya

Ia menjelaskan proxy war adalah perang dalam segala bidang Ipoleksosbudhankam dan termasuk narkoba. Terkait maraknya narkoba mengajak kepada para peserta untuk menjahui narkoba karena narkoba akan merusak masa depan bangsa.

Dalam kesempatan itu pula ia juga meminta agar para peserta selalu waspada terhadap dengan adanya paham radikal yang terlebih dahulu di perlihatkan video pesan dari Kapolres Trenggalek.

“Kita harus saling menghormati antar umat beragama, agar kita tidak terpecah belah karena negara kita adalah negara yang majemuk terdiri dari bermacam – macam suku, agama,dan ras”, ujarnya.

Selanjutnya perwira yang pernah menjabat sebagai Kanit Regident Polres Trenggalek menjelaskan tentang kenakalan remaja yang semakin hari semakin meningkat terutama kebebasan sex bebas, untuk itu ia juga mengajak agar generasi muda menjahui hal – hal yang dilarang oleh Pemerintah dan yang paling utama peran orang tua dan lingkungan.

AKP Suyono, diakhir penyampaian materi meminta kepada peserta kegiatan bela negara untuk ikut serta dalam menciptakan keamanan dan dilingkungan masing – masing serta membantu dalam mencegah tindak kejahatan. Menekankan selalu membentengi diri dengan iman, pintar dalam bergaul, dan tidak terpengaruh oleh hal – hal yang yang bisa merusak diri -sendiri.

“Dengan kegiatan ini semoga bisa mempengaruhi karakter generasi muda agar memiliki rasa cinta tanah air, memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara, setia kepada Pancasila, serta saya harap para generasi muda membawa diri kearah yang positif. Selalu semangat  demi meraih sukses masa depan ”, tutupnya. (dev).


Sumber : Polres Trenggalek