Kapolsek Pule Dalam Sosialisasi Menuju Kecamatan Sehat

 0
Kapolsek Pule Dalam Sosialisasi Menuju Kecamatan Sehatby adminHT01on.Kapolsek Pule Dalam Sosialisasi Menuju Kecamatan SehatPolres Trenggalek – Kamis (19/10/2017), kegiatan sosialisasi dalam menuju wilayah Kecamatan Pule yang sehat, dihadiri Muspika Pule yang juga hadir dalam kegiatan Kapolsek Pule Polres Trenggalek Iptu Suraji, SH, MH dalam acara yang dilaksanakan di Aula Kecamatan Pule. Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari stake holder learning review yang dilaksanakan di Hotel Hayam Wuruk Trenggalek beberapa […]

Polres Trenggalek – Kamis (19/10/2017), kegiatan sosialisasi dalam menuju wilayah Kecamatan Pule yang sehat, dihadiri Muspika Pule yang juga hadir dalam kegiatan Kapolsek Pule Polres Trenggalek Iptu Suraji, SH, MH dalam acara yang dilaksanakan di Aula Kecamatan Pule. Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari stake holder learning review yang dilaksanakan di Hotel Hayam Wuruk Trenggalek beberapa hari yang lalu, yang dihadiri Muspika Se-Kabupaten Trenggalek dan instansi lainnya.

Kegiatan lanjutan ini, menyampaikan adanya prilaku hidup bersih dalam tatanan kehidupan yang sehat. Dengan melakukan prilaku yang bersih diharapkan mampu menuju pribadi yang sehat khususnya disetiap warga Pule, dan juga masyarakat pule pada umumnya.

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat  adalah semua perilaku yang dilakukan atas kesadaran, sehingga anggota keluarga atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan dimasyarakat.PHBS itu jumlahnya banyak sekali, bisa ratusan. Misalnya tentang gizi: makan beraneka ragam makanan, minum tablet darah, mengkonsumsi Garam beryodium, memberi bayi dan balita Kapsul Vitamin A.

Begitu juga Tentang kesehatan lingkungan seperti membuang sampah pada tempatnya , membersihkan lingkungan. Setiap rumah tangga dianjurkan untuk melaksanaka semua perilaku kesehatan. PHBS di rumah tangga adalah upaya untuk memperdayakan anggota rumah tangga agar tahu, mau dan mampu melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat serta berperan aktif dalam gerakan kesehatan di masyarakat.

PHBS di rumah tangga di lakukan untuk mencapai rumah tangga Ber-PHBS. Rumah tangga Ber-PHBS adalah rumah tangga yang melakukan 10 PHBS di rumah tangga yaitu, persalinan di tolong oleh tenaga kesehatan, memberi bayi ASI ekslusif, menimbang balita setiap bulan dan menggunakan air bersih.

Selain ketentuan diatas, mencuci tangan dengan air bersih dan sabun,menggunakan jamban sehat. Yang menjadi sasaran desa yang ada di pule dan jombok dalam program ODF tahun ini. Memberantas jentik di rumah sekali seminggu, makan buah dan sayur setiap hari, melakukan aktifitas fisik setiap hari dan tidak merokok di dalam rumah.

“Benar tadi dilakukan sosialisasi menuju kecamatan sehat, yang dihadiri oleh Muspika Pule dan juga instansi samping kepala Puskesmas Pule Dr. Bambang, ” Kapolsek Pule Polres Trenggalek membenarkan adanya kegiatan sosialisasi.


Sumber : Halo