Mari Pantau Proyek Desa Demi Mencegah Penyimpangan

 0
Mari Pantau Proyek Desa Demi Mencegah Penyimpanganby adminHT01on.Mari Pantau Proyek Desa Demi Mencegah PenyimpanganPolres Trenggalek – Bhabinkamtibmas Desa Karangrejo Polsek Kampak Polres Trenggalek Aiptu Sumani melaksanakan sambaing dan melakukan pengecekan dilokasi proyek desa pembangunan jembatan di desa Karangrejo Kampak Trenggalek, Kamis (26/10/2017). Proyek desa ini menggunakan Anggaran Dana Desa dan diharap pelaksanaannya sesuai harapan dan tidak ada penyimpangan. Karena itu Bhabinkamtibmas mempunyai kewajiban moral untuk mengawasi pelaksanaannya agar […]

Polres Trenggalek – Bhabinkamtibmas Desa Karangrejo Polsek Kampak Polres Trenggalek Aiptu Sumani melaksanakan sambaing dan melakukan pengecekan dilokasi proyek desa pembangunan jembatan di desa Karangrejo Kampak Trenggalek, Kamis (26/10/2017).

Proyek desa ini menggunakan Anggaran Dana Desa dan diharap pelaksanaannya sesuai harapan dan tidak ada penyimpangan. Karena itu Bhabinkamtibmas mempunyai kewajiban moral untuk mengawasi pelaksanaannya agar tidak ada penyimpangan dan dapat dipertanggungjawabkan.

Hal ini sesuai dengan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi bekerja sama dengan Polri untuk melakukan pengawasan dan penegakan hukum dalam penggunaan dana desa. Dalam hal ini, Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) akan menjadi instrumen di tingkat desa.

Bhabinkamtibmas dalam pengamanan ini melakukan pendekatan pencegahan. Pencegahan diprioritaskan daripada penindakan hukum. Bhabinkamtibmas telah mendapatkan pendidikan dasar tentang pembuatan laporan keuangan perencanaan sehingga dapat melakukan tugas pengawasan tersebut. Bhabinkamtibmas memberikan pendampingan seperti itu untuk mencegah jangan sampai terjadi pelanggaran.

Kendati demikian, penindakan hukum juga dilakukan apabila terjadi penyalahgunaan. upaya tersebut dilakukan sebagai upaya terakhir. Penegakan hukum berupa penangkapan dilakukan bila polisi telah melihat adanya niat buruk penyalahgunaan yang disengaja.

Bhabinkamtibmas atau unit unit kerja polisi tersebut bisa ikut mengawasi dan mengajak masyarakat untuk terlibat dalam proses penggunaan dana desa dan pengawasannya. Sebagaimana diketahui, dana desa dimulai dari musyawarah dan menentukan APBDes masih banyak desa-desa yang tidak melibatkan masyarakat dalam musyarawarah desa.

“Alhamdulillah untuk proyek di desa Karangrejo berjalan sebagaimana mestinya dan sesuai dengan anggaran yang direncanakan, semua demi meningkatkan ekonomi masyarakat desa” ujar Aiptu Sumani Bhabinkamtibmas desa Karangrejo Polsek Kampak Polres Trenggalek.


Sumber : Polres Trenggalek