Bangsa yang Besar Adalah Bangsa yang Menghargai Jasa Para Pahlawannya

 0
Bangsa yang Besar Adalah Bangsa yang Menghargai Jasa Para Pahlawannyaby adminHT01on.Bangsa yang Besar Adalah Bangsa yang Menghargai Jasa Para PahlawannyaPolres Trenggalek – Kapolsek Kampak Polres Trenggalek Iptu Anwar, SH mengirimkan beberapa anggotanya mengikuti upacara hari pahlawan bertempat di taman makam pahlawan Kabupaten Trenggalek, Jum’at (10/11/2017).   Yang menjadi latar belakang 10 November menjadi peringatan Hari Pahlawan adalah adanya sebuah peristiwa pertempuran yang cukup hebat di Surabaya oleh arek-arek Suroboyo, pada saat itu melawan NICA […]

Polres Trenggalek – Kapolsek Kampak Polres Trenggalek Iptu Anwar, SH mengirimkan beberapa anggotanya mengikuti upacara hari pahlawan bertempat di taman makam pahlawan Kabupaten Trenggalek, Jum’at (10/11/2017).

 

Yang menjadi latar belakang 10 November menjadi peringatan Hari Pahlawan adalah adanya sebuah peristiwa pertempuran yang cukup hebat di Surabaya oleh arek-arek Suroboyo, pada saat itu melawan NICA yang memboncengi Belanda, Sehingga, mantan tertinggi gerakan Pemuda Republik Indinesia (PRI) Sumarsono yang juga turut serta ambil bagian dalam peperangan tersebut telah memberikan usulan kepada Presiden Soekarno, untuk menetapkan 10 November sebagai Hari Pahlawan.

 

Peristiwa pertempuran yang terjadi di Surabaya tersebut menjadi legitimasi peran militer untuk dapat memperjuangkan merebut kemerdekaan. Sehingga nilai pahlawan telah terkandung didalam sebuah perjuangan melawan agresi militer. Serta untuk dapat memobilisasi kepahlawanan secara militeristik, sehingga 10 November dijadikan sebagai peringatan Hari Pahlawan.

 

Ada buah kata yang terkenal, yaitu sebuah bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya. Serta bangsa yang tidak memiliki pahlawan sama halnya dengan bangsa yang tidak memiliki sebuah kebanggan, Sehingga sudah sepatutnya setiap bangsa memiliki tokoh yang disebut sebagai pahlawan. Seorang pahlawan akan sangat penting karena dia akan menjadi motivasi dan inspirasi agar dapat memperbaiki kondisi bangsa. Dan memotivasi agar bangsa ini terus bangkit serta menjadi sebuah bangsa yang dapat di banggakan.

 

“Ingat dan hargai jasa para pahlwan kita, serta mari menjadi warga yang baik dan meningkatkan prestasi dalam kehidupan masing-masing. Kita bertanya pada diri sendiri apakah kita rela mengorbankan diri untuk mengembangkan diri dalam bidang kita masing-masing dan mencetak prestasi dengan cara yang adil, pantas dan wajar” ujar Iptu Anwar, SH Kapolsek Kampak Polres Trenggalek.

 

Apapun profesi kita mari berikan yang terbaik bagi bangsa sebagai wujud pengharapan apa yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan dan pendahulu kita.

 


Sumber : Polres Trenggalek