Bripka Andik Turn Back Crime Kayu Hutan

 0
Bripka Andik Turn Back Crime Kayu Hutanby adminHT01on.Bripka Andik Turn Back Crime Kayu HutanPolres Trenggalek – Sosialisasi pencegahan pencurian kayu hutan milik perhutani dilakukan, Bripka Andik yang menjadi Bhabinkamtibmas Desa Sidomulyo, Polsek Pule, Polres Trenggalek. Dengan melaksanakan kegiatan door to door sistem ke rumah Waidi, Minggu (28/5). Wilayah Pule yang didominasi oleh pegunungan menyimpan potensi hasil hutan berupa kayu, Dahulu menurut keterangan beberapa sumber menyebutkan. Daerah Mbak Pacar […]

Polres Trenggalek – Sosialisasi pencegahan pencurian kayu hutan milik perhutani dilakukan, Bripka Andik yang menjadi Bhabinkamtibmas Desa Sidomulyo, Polsek Pule, Polres Trenggalek. Dengan melaksanakan kegiatan door to door sistem ke rumah Waidi, Minggu (28/5).

Wilayah Pule yang didominasi oleh pegunungan menyimpan potensi hasil hutan berupa kayu, Dahulu menurut keterangan beberapa sumber menyebutkan. Daerah Mbak Pacar yang masuk wilayah Desa Tanggaran merupakan hutan yang lebat, berbagai hewan liar seperti babi hutan terlihat bergerombol menyeberang jalan ketika petang. Tahun demi tahun perkembangan manusia semakin banyak, dan adanya pembalakan liar yang mengakibatkan dulunya hutan lebat sekarang sudah berganti dengan tanaman pinus hasil reboisasi.

Meskipun demikian, ada beberapa titik hutan yang masih terlindungi keberadaannya seperti di wilayah Sidomulyo masuk kawasan Pule, beberapa tanaman hasil hutan dengan umur yang sudah tua dapat dilihat di hutan ini. Seperti kayu pinus, yang getahnya bisa di deres dan digunakan warga sebagai mata pencaharian dengan koordinasi dengan pihak Perhutani.

“Untuk menjaga kelestarian hutan diperlukan peran masyarakat dalam mempertahankan status hutan dan memanfaatkannya sesuai dengan kesepakatan stake holder. Dalam menjaga status jangan sampai merusak hutan dengan melakukan pembalakan liar dan pemanfaatan dengan mengolah hasil hutan dengan ketentuan perhutani,” Kata Bripka Andik Bhabinkamtibmas Desa Sidomulyo, Polsek Pule, Polres Trenggalek saat dikonfirmasi di lokasi berbeda


Sumber : Polres Trenggalek