Khidmat, Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Mapolres Trenggalek

 0
Khidmat, Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Mapolres Trenggalekby adminHT01on.Khidmat, Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Mapolres TrenggalekPolres Trenggalek – Bersamaan dengan digelarnya upacara peringatan hari lahir Pancasila di alun-alun Trenggalek, Polres Trenggalek sebagai garda terdepan pengaman Pancasila melaksanakan upacara serupa di halaman Mapolres Trenggalek, Rabu (01/06). Bertindak selaku inspektur upacara adalah Wakapolres Trenggalek, Kompol Kuswara, S.H., S.I.K., dan komandan upacara Iptu Puguh Wardoyo,  SH. Hadir pula dalam kesempatan tersebut pejabat utama […]

Polres Trenggalek – Bersamaan dengan digelarnya upacara peringatan hari lahir Pancasila di alun-alun Trenggalek, Polres Trenggalek sebagai garda terdepan pengaman Pancasila melaksanakan upacara serupa di halaman Mapolres Trenggalek, Rabu (01/06).

Bertindak selaku inspektur upacara adalah Wakapolres Trenggalek, Kompol Kuswara, S.H., S.I.K., dan komandan upacara Iptu Puguh Wardoyo,  SH. Hadir pula dalam kesempatan tersebut pejabat utama Polres Trenggalek, pengurus Bhayangkari Cabang Trenggalek dan seluruh anggota Polres Trenggalek.

Dalam amanat Presiden RI yang dibacakan Kompol Kuswara menegaskan, Pancasila merupakan  hasil dari  satu  kesatuan  proses yang  dimulai  dengan  rumusan  Pancasila tanggal l Juni  1945 yang dipidatokan lr. Sukarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan  final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945. Adalah jiwa besar para founding fathers, para ulama dan pejuang  kemerdekaan dari seluruh pelosok Nusantara sehingga kita bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan Indonesia.

“Namun, kehidupan berbangsa dan bernegara kita sedang mengalami tantangan. Kebinekaan kita  sedang diuji. Saat ini ada pandangan dan tindakan yang mengancam kebinekaan dan keikaan kita. Saat ini ada sikap tidak toleran yang mengusung ideologi selain Pancasila. Masalah ini semakin mencemaskan tatkala diperparah oleh penyalahgunaan media sosial yang banyak menggaungkan hoax alias kabar bohong” ujar Kompol Kuswara dihadapan seluruh peserta upacara.

Saat dikonfirmasi uasi upacara, Kompol Kuswara menuturkan, Polri bersama dengan suruh elemen masyarakat akan terus menjaga Pancasila sebagai ideologi dan dasar berbangsa dan bernegara.

“Mari kita jaga bersama-sama. Pancasila adalah ideologi yang paling relevan dan mampu mempersatukan bangsa Indonesia. Ini sudah final” tegas Kompol Kuswara.


Sumber : Polres Trenggalek