Wujud Kedekatan, AKBP Donny Adityawarman Makan Sahur Bersama Anggota

 0
Wujud Kedekatan, AKBP Donny Adityawarman Makan Sahur Bersama Anggotaby adminHT01on.Wujud Kedekatan, AKBP Donny Adityawarman Makan Sahur Bersama AnggotaPolres Trenggalek – Dinamika sebuah organisasi sangat bergantung pada kedekatan dan manajerial antara pimpinan dan bawahan. Pola kepemimpinan yang bagus adalah jika tercipta keselarasan dan kesamaan tindak antar personelnya yang diarahkan pada pencapaian visi dan misi sehingga satu sama lain memiliki sifat handarbeni atau rasa saling memiliki. Kapolres Trenggalek AKBP Donny Adityawarman, S.I.K, M.Si menilai […]

Polres Trenggalek – Dinamika sebuah organisasi sangat bergantung pada kedekatan dan manajerial antara pimpinan dan bawahan. Pola kepemimpinan yang bagus adalah jika tercipta keselarasan dan kesamaan tindak antar personelnya yang diarahkan pada pencapaian visi dan misi sehingga satu sama lain memiliki sifat handarbeni atau rasa saling memiliki.

Kapolres Trenggalek AKBP Donny Adityawarman, S.I.K, M.Si menilai kedekatan bisa dicapai dengan komunikasi yang dibangun dengan pondasi sama rasa. Artinya, apa yang dirasakan oleh bawahan harus pula dirasakan oleh pimpinan. Demikian juga sebaliknya.

Di bulan Ramadhan ini, dimana hampir 99% anggota Polres Trenggalek adalah muslim dan menjalankan ibadah puasa, AKBP Donny berinisiatif melaksanakan santap sahur bersama pejabat utama berikut seluruh anggota yang sedang piket hari itu, Minggu (04/05)

Didahului dengan patroli skala besar bersama-sama untuk mengecek dan melihat langsung kondisi Kamtibmas di wilayah Kabupaten Trenggalek. Sejak pukul 02.00 WIB sudah banyak terlihat masyarakat yang melakukan ronda sahur membangunkan warga menggunakan alat musik tradisional seperti kentongan dan lain-lain. Ada pula masyarakat yang memanfaatkan becak dengan tumpukan sound system lengkap dengan musik campursari khas Jawa Timuran.

Menanggapi hal tersebut, AKBP Donny menuturkan, sepanjang tidak kontra produktif dengan tujuannya dan tidak mengganggu ketertiban umum tidak ada masalah. Tetapi jika berdampak pada Kamtibmas, polisi akan mengambil langkah tegas.

“Asal jangan berlebihan. Misalnya menggunakan sound system ukuran besar, lagunya juga tidak selaras dengan nuansa Ramadhan, apalagi kalau sambil minum-minuman keras dan mengganggu pengguna jalan tentu polisi wajib mengambil langkah” tegas AKBP Donny.

Usai berpatroli keliling kota Trenggalek, dilanjutkan makan sahur di sebuah rumah makan khas makanan jawa di desa Bendorejo Kecamatan Pogalan Trenggalek. Menu yang disajikan pun cukup beragam. Seluruh pejabat utama dan anggota nampak rukun dan kompak menyantap menu yang sama. Hampir tak ada sekat antara pimpinan dan bawahan. Gurauan dan obrolan ringan yang tercipta menjadikan suasana menjadi lebih akrab.

Terkait hal tersebut, AKBP Donny menuturkan, dalam situasi tertentu seorang pemimpin harus berbaur dengan bawahannya sehingga bisa mengetahui secara persis apa yang dirasakan.

“Tidak perlu gengsi, toh kita juga sama-sama manusia” seloroh AKBP Donny.

Disamping itu, dengan kedekatan yang dibangun apik akan berpengaruh positif pada pelaksanaan tugas sehari-hari karena anggota bukan saja merasa terayomi tetapi juga menjadi satu bagian yang tak terpisahkan. Ibarat pepatah, ringan sama dipikul berat sama dijinjing.


Sumber : Polres Trenggalek