Optimalkan Peran Pos Pengamanan Lebaran, Siwas Polres Trenggalek Lakukan Sidak

by

Polres Trenggalek – Operasi Ramadniya Semeru 2017 resmi digelar diseluruh Indonesia. Tak terkecuali jajaran Polres Trenggalek. Polres Trenggalek menyiapkan 6 pos pengamanan yang berfungsi sebagai pos pantau sekaligus pos pelayanan bagi para pemudik diantaranya Pos Pam Durenan, Jarakan,  Alun-alun kota, Terminal Bus, Watulimo dan Panggul. Khusus Watulimo dan Panggul adalah pos pengamanan wisata dimana saat lebaran nanti diperkirakan akan mengalami lonjakan jumlah wisatawan.

Sejak hari pertama operasi, pos pengamanan dan pos pantau sudah operasional sesuai dengan perencanaan. Personel pos pam yang terdiri dari 11 hingga 19 orang sudah   stand by dibantu personel TNI, Dishub, Satpol PP, tenaga medis dari Dinkes, Senkom dan Pramuka.

Tiap kegiatan yang dilakukan tentu harus dibarengi dengan pengawasan melekat dari satuan terkait, salah satunya adalah Siwas atau Seksi Pengawas. Dipimpin langsung oleh Kasiwas Iptu Andi Salbi, A.Md. Kep, S.H. melakukan Sidak dan pengecekan pos pengamanan di jalur nasional.

“Fungsi kontrol sangat penting agar tugas dan tanggung jawab yang diemban benar-benar dilaksanakan sesuai SOP yang ada” jelas Iptu Andi.

Adapun objek pengecekan antara lain absensi personel sesuai ploting, tata administrasi mulai dari pencatatan buku mutasi, update panel data hingga pelaksanaan tugas di lapangan.

“Petugas Pospam tidak hanya duduk menunggu laporan tapi harus aktif berkegiatan. Pengaturan lalu lintas, bantu menyeberangkan atau berpatroli dengan stall 1 Km” ujar Iptu Andi.

Dari hasil pengecekan, semua Pos Pengamanan dalam keadaan lengkap baik personel maupun administrasi. Kapospam yang dijabat oleh seorang perwira juga terlihat aktif mengendalikan dan menginstruksikan dinamika kegiatan pos pengamanan.

“Sidak seperti ini akan rutin dilaksanakan hingga berakhirnya operasi Ramadniya Semeru 2017” pungkas Iptu Andi.


Sumber : Polres Trenggalek

No More Posts Available.

No more pages to load.