Bhabinkamtibmas Lakukan Monitoring Rencana Pembagian Beras Subsidi

by

Polres Trenggalek – Beras sejahtera (Rastra) perubahan nama yang dulunya beras keluarga miskin (Raskin) penggantian nama ini untuk mengubah pemikiran yang sebelumnya beras ini untuk membantu masyarakat miskin, dengan harapan beras yang disubsidi pemerintah untuk mengubah kehidupan masyarakat menjadi lebih sejahtera yang akan digulirkan di dua desa di wilayah Pule Desa Jombok dan Joho Sabtu (9/9/2017) besok.

“Agar Bhabinkamtibmas memonitor program Pemerintah memberikan jaminan kepada warga miskin agar bisa mendapatkan pemenuhan kebutuhan makan dengan mudah.Dalam bentuk beras sejahtera dari Provinsi Jawa Timur, turut memberikan pengawasan dalam penyaluran bantuan sosial non tunai. Guna menghindari adanya pemotongan dan penyelewengan dari jabatan dari oknum-oknum tidak bertanggung jawab,” perintah Kapolsek Pule Polres Trenggalek kepada Bhabinkamtibmasnya, Jum’at (8/9/2017).

Penyaluran beras bersubsidi bagi masyarakat berpendapatan rendah ,telah dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia sejak tahun 1998. Program ini pada awalnya disebut dengan Operasi Pasar Khusus (OPK) ,yang dilaksanakan sebagai program darurat untuk merespon krisis ekonomi yang terjadi pada saat itu.

Pada perkembangannya, program beras bersubsidi diperluas fungsinya sebagai bagian dari program perlindungan sosial yang bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran masyarakat berpendapatan rendah dalam pemenuhan hak dasar berupa kebutuhan pangan pokok dan dikenal dengan sebutan beras sejahtera (Rastra).

Bantuan subsidi beras bagi masyarakat berpendapatan rendah akan ditransformasikan menjadi bantuan pangan yang disalurkan secara non tunai, untuk meningkatkan efektifitas dan ketepatan sasaran program, serta mendorong inklusi keuangan, Penyaluran bantuan pangan secara non tunai akan memanfaatkan sistem perbankan sehingga penerima manfaat dapat membeli kebutuhan pangan dengan pilihan yang lebih beragam sesuai yang diinginkan.


Sumber : Halo

No More Posts Available.

No more pages to load.