Kebersamaan Dalam Gotong Royong

by

Polres Trenggalek – Untuk mewujudkan kondusifitas Kamtibmas diwilayah hukum Polsek Suruh Polres Trenggalek perlu adanya kerjasama dan sinergitas antara aparat keamanan dan seluruh warga masyarakat yang ada diwilayah Kecamatan Suruh.

Keterlibatan warga masyarakat dalam menjaga serta memelihara keamanan dan ketertiban sejatinya tidak sekedar hanya membantu Polsek Suruh Polres Trenggalek dalam melaksanakan tugas tugasnya sebagai aparat pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat, namun yang lebih penting adalah memberikan ruang bagi pemberdayaan bagi warga masyarakat.

Dalam rangka memberikan pemberdayaan bagi warga masyarakat malam ini (22/09) Ps Kasi Humas Polsek Suruh Polres Trenggalek Aiptu Suwito ikut gotong royong membuat dan mengecor halaman parkir Masjid At taubah Dusun Krajan Desa Suruh dalam gotong royong tersebut Aiptu Suwito menyampaikan himbauan dan pesan pesan kamtibmas tentang pentingnya keterlibatan warga masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban.

“Sebagai warga masyarakat harus ikut ambil bagian secara aktif dalam mengamankan lingkungannya dan tidak semata mata hanya sebagai obyek dalam penyelengaraan fungsi Kepolisian dalam masyarakat tetapi warga harus sebagai subyek yang menentukan dan mengelola sendiri upaya penciptaan lingkungan yang aman dan nyaman,” ujarnya.

Ia menyebutkan bahwasannya warga masyarakat harus mengaktifkan Pamswakarsa dalam bentuk ronda malam atau siskamling dalam menjaga keamanan lingkungan masing masing, karena dengan Siskamling dimana masyarakat dapat berperan langsung dalam menciptakan ketertiban dan keamanan lingkungan yang ada diwilayah hukum Polsek Suruh Polres Trenggalek.

Lebih lanjut ia menerangkan bahwa dengan ronda malam atau siskamling dapat menekan dan mengatasi segala gangguan kamtibmas dan mencegah terjadinya gangguan kriminalitas di sebuah lingkungan dan setiap anggota masyarakat yang menempati lingkungan tersebut wajib menjaga keamanan dan ketertiban dilingkungan dengan menjalankan sistem piket yang diatur oleh masing masing lingkungan.

“Ketertiban dan keamanan merupakan tanggung jawab kita bersama sebagai Warga Negara, maka dari itu kita harus meningkatkan kesadaran kita akan kepedulian terhadap keamanan dan ketertiban lingkungan kita, selain dengan meningkatkan kesadaran juga dengan melakukan tindakan langsung seperti mengikuti ronda malam atau siskamling,” pungkasnya.


Sumber : Polres Trenggalek

No More Posts Available.

No more pages to load.