Serunya Belajar dan Bermain ala Satlantas Polres Trenggalek, Simak Liputannya

by

Polres Trenggalek – Disiplin dan tertib berlalu lintas selayaknya dikenalkan sejak usia dini. Usia TK dan Paud merupakan usia yang paling tepat untuk mengenalkan budaya disiplin. Tentunya dengan bahasa dan pola pengajaran yang sesuai dengan usia mereka sehingga mudah ditangkap dan dipahami dengan baik. Jika jiwa disiplin sudah terpatri sejak dini, diharapkan akan terus terbawa hingga mereka dewasa kelak.

Untuk mewujudkan hal tersebut, jajaran Satlantas Polres Trenggalek gencar melaksanakan program Polisi sahabat anak dengan menggandeng sekolah Paud dan TK se-Kabupaten Trenggalek.

Baru-baru ini, Unit Dikyasa Satlantas dipimpin oleh Iptu Agustyo, S.H. menggelar acara serupa dengan mengambil lokasi hutan kota atau Huko Trenggalek. sedikitnya 60 orang siswa TK Dharma 3 Ngadirenggo diajak berkliling melihat panorama hutan dan belajar satwa yang menjadi koleksi taman wisata huko.

Didampingi Bripda Hanifah, Bripda Dyah Ayu dan Bripda Widyatama, Kanit Dikyasa Iptu Agustyo menerangkan, Huko dipilih sebagai lokasi kegiatan mengingat kawasan hutan lindung tersebut dinilai sebagai sarana paling tepat menggunakan metode kelas alam.

“Anak-anak bisa berwisata sekaligus belajar tentang alam dan satwa” Ucap Iptu Agustyo

Dari pentauan tim redaksi, anak-anak terlihat cukup gembira bermain dan tertawa bersama. Apalagi keberadaan dua Polwan cantik yang dengan telaten membimbing dan mengajak bernyanyi. Disela-sela waktu itulah, para Polwan ini menyampaikan materi tentang pengetahuan dasar berlalu lintas.

Beberapa alat peraga berupa rambu-rambu lalu lintas dan boneka mereka mainkan dengan gaya bercerita agar mudah diterima oleh anak-anak. Tak hanya itu, disiapkan hadiah menarik bagi anak-anak yang bisa menjawab kuis. Tak ayal, tiap kali melempar pertanyaan anak-anak berebut untuk menjawab.

“Seru, anak-anak juga sangat antusias” ujar Bripda Hanifah

Selain materi tentang kelalulintasan, anak-anak juga diberikan wawasan tentang kelestarian alam. Mereka dikenalkan tentang ekosistem dan jenis-jenis tanaman yang banyak tumbuh di kawasan Huko tersebut.

“Biar tidak bosan. Jadi mereka kami ajak jalan-jalan menyusuri bukit sambil dinekalkan aneka tanaman yang ada.” Ucap Bripda Dyah Ayu

Dihubungi terpisah, Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Ricky Tri Dharma, S.H., S.I.K. menuturkan, program polisi sahabat anak merupakan upaya preemtif yang rutin dilaksanakan oleh jajarannya. Sedikitnya seminggu sekali pihaknya mengundang siswa sekolah Paud dan TK untuk diberikan pemahaman tentang disiplin dan tertib berlalulintas.

“Berbeda dengan palajar sekolah dasar atau menengah, pembelajaran bagi siswa Paud dan TK harus menyenangkan dan sambil bermain. Kita sesuaikan dengan usia mereka. ada metode-metode khusus yang sudah dikuasai oleh anggota khususnya Polwan.”Pungkasnya.


Sumber : Polres Trenggalek

No More Posts Available.

No more pages to load.