Jelang Malam Tahun Baru 2018, Puluhan Motor Berknalpot Brong Terjaring Petugas

by

Polres Trenggalek – Puluhan sepeda motor terjaring razia operasi cipta kondisi menjelang tahun baru oleh jajaran Satlantas Polres Trenggalek. Puluhan motor tersebut diketahui menggunakan knalpot jambrong atau bukan standar yang mengeluarkan suara keras dan bising, Sabtu (30/12).

Razia yang dipimpin langsung oleh Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Ricky Tri Dharma, S.H., S.I.K., tersebut merupakan tindak lanjut dari digelarnya Operasi Lilin Semeru 2017 dimana AKP Ricky menjabat sebagai Kasatgas Kamseltibcarlantas.

“Sasaran kami prioritaskan knalpot jambrong. Selain karena sangat mengganggu, juga banyak masukan dan pengaduan kepada kami tentang penggunaan knalpot yang mengganggu ketertiban publik ini” ungkap AKP Ricky.

AKP Ricky menuturkan, pihaknya sudah sering kali mengingatkan bahkan sosialisasi tentang larangan knalpot jambrong ini terus digaungkan. Namun masih saja ada yang nekat melanggarnya. Alhasil, mereka pun harus menerima tilang dari petugas.

Untuk menimbulkan efek jera, para pelanggar wajib mengikuti sidang tilang di pengadilan, sedangkan sepeda motor baru bisa diambil setelah menjalani sidang dan harus mengganti knalpot standar atau originalnya.

“Diganti di tempat dan menandatangani surat pernyataan. Jika tetap melanggar, nanti akan menjadi pertimbangan hakim dalam memutuskan besaran denda yang harus dibayar” tegasnya.

Dari pantauan tim redaksi, sedikitnya ada 20-an sepeda motor yang diparkir di halaman Mapolres. Kesemuanya menggunakan knalpot modifikasi. Beberapa diantaranya berjenis motor sport dan trail.

AKP Ricky berharap, dengan upaya yang dilakukan jajarannya, dapat menurunkan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Trenggalek khususnya menjelang tahun baru 2018.

“Mohon dukungan dari semua pihak dan masyarakat  agar Kamseltibcarlantas di Trenggalek tetap aman dan kondusif. Mari bersama-sama menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas. Bersatu, keselamatan nomor satu” pungkasnya.


Sumber : Halo

No More Posts Available.

No more pages to load.