KSPKT Aiptu Nugroho : Jangan Menjual Barang Yang Kedaluwarsa

by

Polres Trenggalek – ” Upaya prefentif selalu digiatkan dalam mengantisipasi beredarnya makanan dan minuman kedaluwarsa meskipun belum munculnya situasi rawan makanan dan mimuman kedaluwarsa . Ini dilakukan untuk melindungi konsumen dari berbagai macam makanan atau minuman yang tidak layak dikonsumsi,” kata Personel Polsek Pule Polres Trenggalek Aiptu Nugroho saat mengingatkan pada penjual makanan dan minuman yang ada di wilayah Pule, Sabtu ( 27/01 ).

Beredarnya minuman dalam kemasan yang sudah kedaluwarsa, seperti yang disampaikan KSPKT Polsek Pule Polres Trenggalek merangakai dari beberapa sumber, bahan makanan yang bisa memicu masalah kesehatan yang berbahaya jika dikonsumsi setelah melewati masa kadaluarsanya. Sebagai contoh, andai kita memakan bahan makanan daging yang sudah basi, maka kita bisa mengalami keracunan makanan atau sakit perut.

Namun, ada beberapa bahan makanan layaknya wortel yang baru sehari melewati masa kadaluarsanya, biasanya tidak akan memberikan dampak kesehatan apapun. Hanya saja, kita tetap harus berhati-hati dengan adanya resiko terkena keracunan makanan mengingat makanan berkadaluarsa bisa saja terkontaminasi bakteri berbahaya layaknya bakteri salmonella atau listeria.

Biasanya gejala-gejala dari keracunan makanan yang disebabkan oleh memakan makanan yang sudah kadaluwarsa adalah muntah-muntah, kram perut, demam, pusing, dan juga diare. Gejala ini bisa saja muncul dalam waktu beberapa jam atau bahkan beberapa hari jika keracunan ini cukup parah. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, penderita keracunan makanan bahkan bisa meninggal nyawanya. Tambah KSPKT Polsek Pule Polres Trenggalek Aiptu Dwi Hari Nugroho.

” Selain resiko terkena bakteri, makanan yang kadaluarsa juga akan cenderung memunculkan jamur yang jika kita konsumsi, maka bisa membuat masalah kesehatan berupa sakit kepala, mual-mual, atau bahkan gatal-gatal. Dengan adanya resiko ini, memang ada baiknya kita tidak mengkonsumsi makanan yang sudah berkadaluarsa, ” kata KSPKT Polsek Pule Polres Trenggalek Aiptu Dwi Nugroho melengkapi dalam kegiatan pencegahanya.


Sumber : Halo

No More Posts Available.

No more pages to load.