Bhabinkamtibmas Desa Jajar Hadiri Sosialisasi Bibit Jagung Dari PT Bisi

by

Polres Trenggalek – Bhabinkamtibmas Desa Jajar hadiri sosialisasi bibit jagung dari PT Bisi Kediri yang ber tempat di rumah saudara Purwanto rt.11 rw.03 Desa jajar Kecaatan Gandusari, Trenggalek, selasa (30/01/2018).

Hadir pada kegiatan tersebut adalah Kepala Desa Jajar ibu siti fatimah, Bhabinkamtibmas Desa Jajar Bripka Busairi Mukhlis S.H, Babinsa Desa Jajar Serda hadi ihwanto, TPM perhutani saudara Mu’imam, Perwakilan PT Bisi saudara Budi dan saudara Imam, Ketua LMDH (lembaga masyarakat desa hutan) bapak MISIYAR dan anggota LMDH Desa Jajar. Pesanggem kawasan hutan undangan sebanyak 60 orang.

Sambutan Kepala Desa Jajar sebagai berikut menyampaikan ucapan terima kasih kepada segenap undangan dari LMDH dan para pesanggem yang hadir. Mengucapka selamat datang kepada pihak PT Bisi dari pare Kediri dan kepada TPM perhutani yang hadir. Mengharapkan kepada warga masyarakat atau pesanggem untuk bisa menjaga kelestarian alam hutan dan di tanami sesuai dengan instruksi dari pihak perhutani dan di larang untuk merusak tanaman lain.

Sambutan dari pihak PT Bisi yang di wakili oleh saudara IMAM sebagai berikut Menyampaikan tekhnis penanaman jagung. Benih jagung bisi ini sudah masuk wilayah Trenggalek mulai tahun 1999 dan mulai bekerja sama dengan pihak perhutani mulai tahun 2004. Sebagai bahan percontohan benih jagung bisi sudah di tanam di wilayah Kecamatan Pule dengan luas lahan perhutani dan milik warga ± 500 ha. Untuk benih jagung dari PT Bisi Gratis di berikan kepada pesanggem. Penjualan hasil tanaman jagung langsung akan di beli oleh pihak PT Bisi melalui kelompok atau LMDH dengan harga minimal Rp.3500/ kg. Pihak PT Bisi membeli jagung secara glondongan dan tidak terlalu kering. Fasilitas transportasi dari rumah petani ke kelompok tani dengan menggunakan pikup akan di biayai oleh Pihak PT Bisi.

Sambutan TPM Perhutani saudara Mu’imam sebagai berikut karena di wilayah hutan di desa jajar sudah terdapat sharing tanaman dengan pihak CV.Halmahera berupa tanaman sengon laut, maka di harapkan masyarakat pesanggem tidak merusak tanaman yang sudah ada.Tertibkan kembali sharing bagi hasil dari pihak pesanggem dengan pihak perhutani dan koordinasikan dengan pihak LMDH. Daftarkan kembali luas tanah garapan kepada pihak LMDH untuk memudahkan pengelolaan dan untuk mendapatkan hak kelola.

“Sebagai petugas Bhabinkamtibmas kami selalu hadir pada setiap terdapat kegiatan masyarakat untuk bersinergi bersama tiga pilar guna mewujudkan situasi kamtibmas yang aman, kondusif di Desa Jajar” ujar Bripka Busairi Muklis selaku Bhabinkamtibmas Desa Jajar.


Sumber : Polres Trenggalek

No More Posts Available.

No more pages to load.