Wakapolsek Hadiri Deklarasi Kecamatan Karangan ODF

by

Polres Trenggalek-Wakapolsek Karangan PolresTrenggalek Iptu Mujiono.S.H. bersama tiga pilar menghadiri Deklarasi Kecamatan Karangan ODF (Open Defecation Free) Stop Buang Air Besar Sembarangan menuju Kabupaten Trenggalek sehat bertempat di Balai desa Jati Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek, Rabu 31/01).

Hadir dalam acara Deklarasi Kecamatan Karangan ODF tersebut Camat  Karangan Sholikhin. SIP M.Si,Danramil Karangan Kapten Inf Panut  Wakapolsek  Karangan Iptu Mujiono.S.H.perwakilan dari Dinkes Trenggalek serta pendukung lainya dan tiga Kades yang mendapat piagam penghargaan   Open Defecation Free (ODF) dari Pemerintah Kabupaten Trenggalek ,adapun tiga desa yang mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Trenggalek di antaranya Desa Jati,Desa Sumberingin dan Desa Sukowetan Kecamatan Karangan.

Menurut penjelasan  dari dinas kesehatan ada acara yang cukup menerik dari gerakan STBM yaitu peran Dominan Ibu-Ibu Kader Posyando beserta Ibu-Ibu kepala desa dan para Istri kepala dusun dalam pemicuan kepada masyarakat ,dan yang paling penting peran Bapk Camat  dan kepala Puskesmas yang sering membantu peningkatan akses tersebut, yang sangat  diharapkan lagi yaitu membangun komitmen stakeholder menjadi kata kunci suatu keberhasilan gerakan ODF dan STBM.

Adapun peran dari Dinas Kesehatan adalah mendorong perubahan perilaku masyarakat berkaitan dengan Sanitasi Total Berbasis masyarakat (STBM) upaya percepatan akses sanitasi dan air bersih salah satunya melalui deklarasi ODF bagi desa yang dinyatakan bebas dari BABS ,adapun kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada desa atas kerja kerasnya dalam mewujudkan desa ODF dan tidak kalah pentingnya mensosialisasikan kepada seluruh desa yang ada di Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek.


Sumber : Halo

No More Posts Available.

No more pages to load.