Campur Tangan Antar Stakeholder Dalam Penanganan ORI

by

Polres Trenggalek – Mungkin ada yang masih belum tahu tentang ORI, Outbreak Respons Immunization merupakan upaya Upaya penanggulangan Kejadian Luar Biasa penyakit polio dengan memberikan vaksin polio oral paling lambat 72 jam setelah ditemukan kasus polio dengan luas daerah selektif atau atas analisis epidemiologi atau mempertimbangkan penyebaran virus polio liar, tanpa memandang status imunisasi.

Dalam kegiatan kemarin, yang dilaksanakan di Puskesmas Pule. Yang menghadirkan unsur Muspika Pule termasuk dari Polsek Pule Polres Trenggalek yang diwakilkan Kanit Binmas Polsek Aiptu Santoso, SH dalam kegiatan sosialilsasi ORI dikarenakan adanya tugas yang tidak bisa ditinggalkan Kapolsek Pule Iptu Suraji, SH, MH diwaktu yang bersamaan, Senin ( 05/02 ).

Ingatkah ketika kecil seringkali kita diberi vaksin pada saat kita imunisasi atau pada saat kesehatan kita sedang tidak seimbang ? yah, hal tersebut sangat bermanfaat bagi perkembangan serta pertumbuhan kita. Terutama vaksinasi polio sebagai vaksin yang mencegah terjadinya penyakit pilio. Seperti penyampaian Kanit Binmas Polsek Pule Polres Trenggalek dalam penuturan hasil penyampaian salah satu narasumber dalam kegiatan.

Tata cara pemberian vaksin ini juga harus ekstra hati-hati. Pemberian vaksin ini dilakukan dengan cara meneteskan vaksin tersebut kedalam mulut sipenerima vaksin.

Selanjutnya dijelaskan pula virus polio yang ada pada vaksin dikembangbiakkan untuk memperbanyak dirinya terutama pada saluran pencernaan kita. Tujuan dari pemberian vaksin ini juga dapat memperkuat antibody dan melawan virus penyakit polio.

Akan tetapi ada yang perlu diperhatikan Virus OPV akan secara terus menerus berkembang dan dikeluarkan pada saat orang tersebut buang air besar selam beberapa bulan kedepan. Sehingga virus yang dikeluarkan tadi akan sangat mencemari lingkungan sekitar.

” Dalam suatu kegiatan penanggulangan tentu saja dibutuhkan suatu komunikasi yang terjalin dengan sangat optimal. Hal tersebut tentu saja menjadi landasarn utama terjalinnya koordinasi antara antar stakeholder dikecamatan pule satu dengan lainnya untuk mecapai tujuan dari kegiatan bebas penyakit folio, ” kata kanit Binmas Polsek Pule Polres Trenggalek Aiptu Santoso saat dikonfirmasi dilokasi berbeda.


Sumber : Polres Trenggalek

No More Posts Available.

No more pages to load.