Tingkatkan Eksistensi Polwan Trenggalek, AKBP Didit Bentuk Wadah Kakak Asuh

by

Polres Trenggalek – Polwan atau Polisi Wanita merupakan bagian penting dan tak terpisahkan dalam sejarah Kepolisian Republik Indonesia. Keberadaan Polwan bukan saja sebagai pemanis tetapi memiliki makna yang lebih dalam. Saat ini, tugas Polwan tidak hanya terbatas tugas administrasi dibelakang meja, namun telah masuk dalam struktur penugasan selayaknya Polisi laki-laki.

Pada aspek yang lain, tidak dapat dipungkiri bahwa Polwan memiliki peran ganda sesuai kodratnya sebagai wanita. Sebagai Ibu bagi anak-anaknya, Istri bagi suami sekaligus merangkap tugas sebagai polisi.

Hal tersebut diaungkapkan Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S, S.I.K., M.H. saat memberikan arahan kepada 44 orang Polwan dan PNS wanita jajaran Polres Trenggalek. Senin (05/02)

“Bukan Perkara mudah, disatu sisi Polwan harus bekerja sebagai profesional sebagai polisi. Disisi yang lain tetap menjalankan perannya sebagai ibu dan istri bagi keluarganya. Bahkan Polwan kita yang menjadi Bhabinkamtibmas. Ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi kita semua” Ujar AKBP Didit

Masih kata AKBP Didit, masyarakat melihat Polwan adalah sosok yang istimewa dan selalu menjadi sosok menarik dan menjadi pusat perhatian. Oleh sebab itu, menjaga moralitas, etika dan sopan santun menjadi pegangan wajib bagi personel Polwan.

“Pakaian harus rapi dan menunjukkan wibawa sebagai anggota Polri. Kendalikan diri dalam pergaulan termasuk media sosial, karena sekecil apapun pasti akan jadi perhatian dan sorotan masyarakat.”

Guna menjaga eksistensi Polwan, Kapolres murah senyum ini pun membentuk sebuah wadah komunikasi bagi para Polwan jajarannya. Setiap Polwan wajib memiliki kakak asuh dari kalangan Polwan senior. Wadah kakak asuh ini dibawah kendali Perwira koordinator Polwan yang juga merangkap sebagai Kabagsumda Polres Trenggalek Kompol Siti Munawaroh, S.H.

“Tujuannya, agar terjadi komunikasi timbal balik yang erat antara Polwan senior dan junior. Jika ada masalah baik pribadi, keluarga maupun kedinasan silahkan konsultasi kepada kakak asuh. Kakak asuh wajib memberikan sumbangsih pikiran dan solusi bagi juniornya.” Ungkap AKBP Didit

Sementara itu, Kompol Siti Munawaroh menuturkan, konsep kakak asuh Polwan pada prinsipnya merupakan wadah silaturahmi sekaligus pengawasan melekat bagi para Polwan Polres Trenggalek.

“Agar terjalin komunikasi yang baik antar para Polwan sekaligus sebagai media pembelajaran dari senior kepada junior” jelas Kompol Siti Munawaroh

“Dalam waktu dekat akan diberikan reward bagi Polwan berprestasi oleh Kapolres” Pungkasnya


Sumber : Polres Trenggalek

No More Posts Available.

No more pages to load.