Aiptu Nugroho : Gunakan Media Sosial Yang Bijak Jangan Mengunggah Kabar Hoax

by

Polres Trenggalek – Sehubungan dengan peringatan hari Pers Nasional yang jatuh pada hari kemarin, yang menyatakan turut sertanya pers nasional dalam memerangi berita Hoax. Begitu juga dalam pelaksanaan patroli dialogis yang dilakukan jajaran Polsek Pule Polres Trenggalek dalam mencegah kamar Hoax dengan teknik penyampaian kepada warga, terutama kalangan muda yang biasanya menggunakan Media Sosial sebagai makanan sehari -hari. Bengkel motor disalah satu tempat dipasar pule yang menjadi tempat orang dalam menyervis sepedanya, kegiatan dialogis dilakukan Aiptu Nugroho dan Aiptu Gatot pada Kamis ( 08/02 ).

 

Media sosial adalah suatu terminologi yang digunakan untuk menyebutkan suatu jenis media yang berbeda dengan media sebelumnya, dengan ciri khas utama adalah mengandalkan pada jaringan internet sebagai media distribusi utama pesan-pesan yang ada dalam media tersebut.

 

Secara historis, istilah media sosial mulai muncul sejak munculnya era internet. Media sosial merupakan sebuah jenis media yang dihasilkan dari proses digitalisasi dari perkembangan teknologi dan sains. Hal yang bersifat manual menjadi otomatis dan dari semua yang rumit menjadi ringkas sehingga semakin memudahkan pengguna. Media baru bisa pula disebut sebagai sebuah teknologi komunikasi digital yang terkomputerisasi dan terhubung ke dalam jaringan internet.

 

Beberapa pernyataan muncul, menjelaskan bahwa ciri-ciri media sosial adalah interkonektivitas, adanya akses terhadap khalayak individu, interaktivitas, kegunaan beragam untuk berbagai macam jenis manusia. Interkonektivitas berarti adanya hubungan antara satu perangkat dengan perangkat yang lain, sementara interaktivitas berarti di dalam media sosial memiliki peluang untuk melakukan interaksi antara pengguna dengan pengguna yang lain, jelas Aiptu Nugroho personel Polsek Pule Polres Trenggalek.

 

 

Salah satu hal yang dapat disebut dengan media sosial adalah Face book adalah sebuah jaringan komunikasi yang meliputi seluruh dunia dan beroperasi berdasarkan protokol tertentu yang disepakati bersama. Sejak face book muncul, perkembangan media sosial mulai pesat. Dunia media sosial hadir menggantikan media komunikasi konvensional karena kemudahannya dalam terhubung ke berbagai orang di belahan dunia dengan cepat, tanpa batas, dan juga mudah.

 

 

Di era teknologi dan informasi digital seperti saat ini, keberadaan media sosial atau yang lebih dikenal dengan sebutan medsos seolah tidak bisa dihindarkan dari kehidupan manusia. Hampir semua orang memiliki akun medsos, baik itu facebook, twitter, instagram dan sejenisnya. Untuk keperluan tertentu, satu orang mungkin bisa memiliki akun lebih dari satu. Seiring dengan mudahnya mengakses jaringan internet, medsos saat ini telah menjelma menjadi gaya hidup. Tidak hanya bagi orang kota, melainkan sudah menjangkau masyarakat hingga pelosok desa bahkan di daerah-daerah terpencil sekalipun.

 

 

Media sosial awalnya diciptakan untuk mempermudah jalannya komunikasi dan berbagi informasi tanpa batasan jarak dan waktu. Namun kenyataannya, justru banyak sekali oknum yang sengaja menyalahgunakan media sosial. Mungkin saat ini dunia internet tidak bisa lagi dikatakan sebagai dunia maya, karena memiliki dampak yang nyata terhadap kehidupan kita. Meskipun ada konsekuensi bagi pihak atau oknum yang menyalahgunaakan mesia sosial, sepertinya itu tidak membuat para oknum jera atau bahkan takut.

 

 

” Dengan begitu maka kita sebagai pengguna media sosial harus lebih bijak dalam memanfaatkan media sosial tersebut, jangan sampai memberikan kabar Hoax yang bisa menimbulkan permasalahan diskeamanan yang bisa memecah persatuan, ” kata KSPKT Polsek Pule Polres Trenggalek Aiptu Nugroho saatnya dialogis.

 


Sumber : Halo

No More Posts Available.

No more pages to load.