Polres Trenggalek Pastikan Siap Amankan Pilkada 2018

by

Polres Trenggalek – Berbagai pelatihan terus gencar dilakukan oleh jajaran Polres Trenggalek. Apalagi menjelang Pilkada serentak yang akan di gelar beberapa bulan kedepan. Meskipun sudah pernah ditampilkan pada Latpraops Mantap Praja Semeru 2018 beberapa hari yang lalu, bukan berarti pelatihan berhenti disitu. Pelatihan baik pengendalian massa maupun pelatihan fungsi kepolisian lainnya tetap rutin dilaksanakan.

Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S, S.I.K., M.H., menuturkan, salah satu cara agar kompetensi personel semakin terasah adalah melalui pelatihan. Tidak sembarangan, pelatihan yang digelar menggunakan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dan Silabus seperti halnya di Lembaga Pendidikan Polri.

“Pelatihan tetap dilakukan. Kan sudah menjadi agenda rutin. Minimal seminggu sekali sesuai dengan Tupoksi masing-masing” Terang AKBP Didit

Seperti yang terlihat di halaman Mapolres Trenggalek pagi ini, puluhan personel Satsabhara lengkap dengan peralatan Dalmasnya tengah mempraktekkan gerakan memukul mundur massa dalam ikatan peleton. Sedang di sudut yang lain, para negosiator yang diperankan oleh beberapa Polwan terbaik juga berlatih bagaimana cara efektif menurunkan tensi massa. Jumat (09/02)

“Tiap tahapan Pemilu memiliki kadar kerawanan yang berbeda sehingga pola penanganan juga berbeda. Tiap tahapan itu kita latihkan terus dari situasi aman hingga kontijensi. Jadi saat terjadi, kita sudah benar-benar siap.” Ungkap AKBP Didit

Tak hanya pengendalian massa, pemanfaatan teknologi di command center pun tak luput dari kurikulum pelatihan ini. Command center yang merupakan pusat kendali operasi Polres jajaran diawaki oleh personel pilihan yang memang memiliki kompetensi di bidang IT.

“Kesinambungan antara operasional dengan manajemen operasi sangat penting. Di command center ini semua laporan dan data yang masuk diolah untuk memutuskan konsep pengamanan yang paling tepat, berapa personel yang diterjunkan dan bagaimana cara bertindaknya.” Ujar AKBP Didit

Tak dipungkiri, dinamika politik menjelang Pilkada 2018 memang terasa mulai menghangat. Polres Trenggalek sebagai pihak yang bertanggungjawab tentang kondisi Kamtibmas wilayah berkewajiban mempersiapkan diri sebaik-baiknya agar kabupaten Trenggalek tetap aman, tertib dan roda ekonomi berjalan normal sebagaimana biasanya.

“Harapannya seperti itu. Selama proses Pilkada dan Pimilu 2019 nanti Kamtibmas tetap kondusif.” Pungkas AKBP Didit


Sumber : Polres Trenggalek

No More Posts Available.

No more pages to load.