Bagi Helm Gratis Sudah Biasa, Ini Cara Keren Satlantas Polres Trenggalek Selamatkan Anak-Anak

by

Polres Trenggalek – Memanfaatkan momen valentine Day`s yang jatuh tepat hari ini, Satlantas Polres Trenggalek membuat sebuah gebrakan baru. Sesuai dengan tugas pokoknya, satuan yang dikenal dengan korp sabuk putih ini menggelar kegiatan bertemakan Polisi Sayang Anak. Seluruh personel Satlantas dilibatkan dalam kegiatan ini. Rabu (14/02)

Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Ricky Tri Dharma, S.H., S.I.K. menuturkan, angka kecelakaan lalulintas yang melibatkan anak di Trenggalek masih cukup tinggi. Salah satu faktor penyebabnya adalah tingkat kesadaran keselamatan berlalu lintas yang terbilang masih sangat minim.

“Masih sering kita temukan orang tua yang membonceng anaknya tidak menggunakan helm. Ini sangat riskan jika terjadi kecelakaan. Nah, dengan Polisi Sayang Anak ini salah satu tujuannya adalah mengurangi tingkat fatalitas korban kecelakaan lalulintas pada anak-anak” Ungkap AKP Ricky

Polisi Sahabat Anak itu sendiri digelar di 5 titik strategis diantaranya Jalan Sukarno Hatta, Jalan Panglima Sudirman, Jalan HOS Cokroaminoto, Jalan RA Kartini dan Jalan Ki Mangun Sarkoro. Kesemuanya masih dalam lingkar kota Trenggalek serta merupakan rute paling banyak dilewati pelajar ataupun orang tua yang mengantarkan anak mereka ke sekolah.

Dari pantauan tim redaksi, dilokasi tersebut, sudah berjajar personel Polantas berseragam lengkap. Sedikit berbeda, beberapa polantas nampak menggunakan selempang berwarna biru tua yang membuat mereka terlihat lebih berwibawa dan humanis. Senyum merekah seolah tak pernah lepas dari bibir mereka. Disediakan pula asesoris Photobooth bagi orang tua dan anak-anak yang ingin berfoto atau berselfie ria.

Selain menyapa pengendara dengan ramah, petugas juga mengingatkan para pengendara tentang pentingnya keselamatan berlalu lintas. Khusus bagi orang tua yang membonceng anaknya tanpa menggunakan helm, masih dengan keramahannya, petugas akan menghentikan dan memberikan pengertian pentingnya helm untuk keselamatan anak-anak.

Tak sekedar menegur, helm gratispun diberikan kepada anak-anak seraya berjanji agar selalu memakai sebelum diantar kesekolah menggunakan sepeda motor. Agar lebih mengena, mereka pun diajak berfoto bersama lengkap dengan helm barunya.

Bagaimana dengan yang sudah tertib ? eits, tunggu dulu. Satlantas juga memberikan apresiasi kepada mereka yang benar-benar tertib dan disiplin dalam berlalu lintas. Motor sesuai spektek, spion dan lampu berfungsi dengan benar dan yang paling utama adalah menggunakan helm sesuai SNI.

“Bagi masyarakat yang tertib, membonceng anaknya lengkap menggunakan helm kami berikan hadiah langsung berupa uang tunai dan bingkisan. Ini bentuk apresiasi kami kepada masyarakat yang memiliki kesadaran tinggi atas arti penting keselamatan berlalu lintas” Jelas AKP Ricky

AKP Ricky berharap, dengan konsep humanis yang ia terapkan dapat menurunkan angka kecelakaan lalulintas khususnya yang melibatkan anak-anak sebagai korban.

“Kita akan terus berbuat agar generasi muda Indonesia tidak kehilangan harapan besar mereka hanya karena kecelakaan lalulintas yang diakibatkan oleh ketidakdisplinan dalam berkendara. Mari bersama menjadi pelopor keselamatan berlalulintas.” Pungkasnya


Sumber : Polres Trenggalek

No More Posts Available.

No more pages to load.