Polsek Dongko : Jangan Mudah Percaya Iming-iming Hadiah

by

 

Polres Trenggalek – Dalam rangka menciptakan dan menumbuhkan kesadaran serta partisipasi masyarakat terhadap aksi penipuan,  petugas patroli mobiling Polsek Dongko Polres Trenggalek yang dimotori Bripka Heri Cahyono bersama Bripka Danang Budi Cahyono melaksanakan kegiatan patroli sambang sekaligus pembinaan dan penyuluhan kamtibmas.

Kali ini Polsek Dongko galakkan patroli sambang ke perkantoran, rumah penduduk, proyek vital ataupun obyek vital untuk mewujudkan situasi kamtibmas yang aman terkendali.

Terlihat kegiatan patroli sambang dilakukan kepada karyawan konter Handphone di ruko pasar Dongko, Kamis 22/2/2018

Pada kesempatan tersebut Bripka Heri Cahyono menyampaikan himbauan kamtibmas mengenai dampak terlalu percaya terhadap orang yang melakukan promosi atau sering disebut sales marketing dan pada akhirnya terkena tipu muslihat, serta yang paling sering bagi pengguna Handphone yang dihubungi nomor baru mengatasnamakan pihak operator salah satu perusahaan telekomunikasi, yakni nomor yang dihubungi mendapatkan hadiah, selain itu himbauan juga diberikan seputar pemilik akun salah satu dari media sosial (medsos) yang mempromosikan barang dagangan melalui medsos namun alamatnya tidak jelas alias abal-abal.

Sementara di konfirmasi pada tempat terpisah Kapolsek Dongko Polres Trenggalek AKP Tri Basuki,S.H., mengatakan himbauan ini diberikan supaya warga masyarakat tidak mudah tertipu oleh telepon maupun sms dan pemilik akun abal-abal yakni orang yang mengatas namakan hadiah dari pihak/orang yang belum saling kenal agar selalu waspada, terangnya.

Selain itu AKP Tri Basuki,S.H., juga berpesan dan mengingatkan bagi orang tua untuk selalu mengawasi dan memperhatikan putra-putrinya agar saat memakai media sosial benar-benar digunakan hal yang positif.

Lebih lanjut AKP Tri Basuki S.H., memberikan perumpamaan ” lebih baik mencegah daripada mengobati,” yang mana pesan harus disematkan dan dijadikan pedoman oleh masyarakat agar dimanapun berada tidak menjadi korban, jelasnya.

“Jangan mudah percaya iming-iming hadiah yang dengan cara meminta uang muka dengan sistem transfer uang, itu kabar bohong atau hoax.” tukas Tri Basuki,S.H., Kapolsek dengan pangkat tiga balok emas dipundak ini.

Masih kata AKP Tri Basuki,S.H., kami senantiasa menekankan kepada seluruh personil Polsek Dongko pada saat melaksanakan tugas terus menggiatkan patroli sambang dan dialogis untuk tingkatkan daya cegah guna menanggulangi aksi para pelaku kejahatan, dan yang perlu dijadikan perhatian adalah peran aktif masyarakat untuk selalau waspada terhadap segala bentuk kejahatan diantaranya penipuan bermotif hipnotis/gendam yang selama ini masih bisa menghirup udara bebas dan belum tertangkap, tandasnya.

Diharapkan, “apabila masyarakat mendapati hal-hal yang berbau kejahatan apapun, tolong segera lapor kepada pihak Kepolisian guna mengantisipasi dan mencegah sesuatu yang tidak diinginkan sehingga masyarakat sendiri tidak menjadi sasaran pelaku kejahatan.” pungkas AKP Tri Basuki,S.H.


Sumber : Polres Trenggalek

No More Posts Available.

No more pages to load.