Polsek Dongko Aktifkan Patroli Dialogis Guna Sisipkan Himbauan Kepada Masyarakat

by

 

Polres Trenggalek – Saat hari libur tiba dan agar situasi kamtibmas wilayah dalam keadaan aman kondusif, petugas Patroli Polsek Dongko Polres Trenggalek diawaki Bripka Budi Purwantoko dan Bripka Didik Suseno melaksanakan mobiling di jalur protokol, pemukiman penduduk, obyek vital pertokoan dan perbankan. Sabtu (17/3/2018)

Sewaktu lakukan kontrol ke Bank BRI petugas patroli tampak menghampiri nasabah yang antre hendak mengambil uang di anjungan tunai mandiri (ATM) tak lupa di sematkannya himbauan kamtibmas kepadanya.
” Tolong… sehabis mengambil ataupun transfer jangan lupa di ganti nomor Pin nya,  hal ini untuk menghindari adanya Skiming, ” ucap Bripka Budi. Sementara di konfirmasi pada tempat terpisah Kapolsek Dongko Polres Trenggalek AKP Tri Basuki,S.H., membenarkan apa yang telah di lakukan anggotanya yakni mengingatkan kepada para nasabah ATM agar tidak menjadi korban skimmer, ungkapnya.

Perlu diketahui Skimming adalah tindakan pencurian informasi kartu kredit atau debit dengan cara menyalin informasi yang terdapat pada strip magnetik kartu kredit/ATM atau debit secara ilegal, dan Skimming ini merupakan salah satu jenis penipuan yang masuk ke dalam metode phishing, ujar AKP Tri Basuki,S.H.

Masih kata AKP Tri Basuki,S.H., pelaku bisa mendapatkan data nomor kartu kredit/ATM atau debit korban menggunakan metode sederhana seperti halnya fotokopi, atau metode yang lebih canggih seperti menggunakan perangkat elektronik kecil (skimmer) untuk menggesek kartu lalu menyimpan ratusan nomor kartu kredit/ATM korban, oleh karena itu walaupun para pelaku skimming ini telah tertangkap, namun kita semua perlu waspada karena kejahatan ini bisa terjadi dimana saja, tukasnya

Lebih lanjut AKP Tri Basuki,S.H., mengatakan bahwa diwajibkan kepada seluruh personilnya apabila melaksanakan patroli harus selalu waspada dan hati-hati, serta di saat patroli harus mengedepankan senyum sapa salam ketika berdialog dengan masyarakat sehingga bisa tercipta sinergi.
“Hal ini dikandung maksud guna memudahkan dalam menyampaikan pesan kamtibmas dan juga cepat diterima masyarakat,” pungkas AKP Tri Basuki,S.H.


Sumber : Polres Trenggalek

No More Posts Available.

No more pages to load.