Operasi Keselamatan Semeru 2018 Berakhir, Pelanggaran Lalu Lintas di Trenggalek Turun 65%

by

Polres Trenggalek – Operasi Keselamatan Semeru 2018 resmi di tutup. Operasi yang digelar Polres Trenggalek selama 21 hari mulai tanggal 5 hingga 25 Maret 2018 ini dinyatakan sukses menurunkan angka pelanggaran lalu lintas di Kabupaten Trenggalek.

Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Ricky Tri Dharma, S.H., S.I.K. menuturkan, hasil evaluasi pelanggaran lalulintas sebelum dan sesudah operasi mengalami penurunan cukup signifikan mencapai 65%. Sebelum operasi terdapat 798 pelanggar, sedangkan pada saat digelar operasi berkisar 282 pelanggar.

“Dari aspek kendaraan, 94% diantaranya adalah sepeda motor.” jelas AKP Ricky

“Sedangkan dari segi Jenis pelanggaran, terbanyak adalah melanggar rambu sebesar 35%, kemudian tidak menggunakan helm 29%, melawan arus 20%. Sisanya pelanggaran surat-surat, muatan dan sabuk keselamatan.” Imbuhnya

Masih kata AKP Ricky keberhasilan tersebut tak lepas dari kerja keras dan kreativitas dari personel yang mengawaki dari masing-masing Kasatgas Operasi. Selain itu, pihaknya terbilang sangat gencar melakukan sosialisasi tertib berlalu lintas di segala lini masyarakat. Belum lagi video parodi himbauan keselamatan berlalu lintas yang sempat viral di media sosial beberapa waktu lalu.

“Video parodi tersebut berhasil menarik perhatian sekaligus menyadarkan masyarakat tentang pentingnya keselamatan berkendara. Diluar itu, sosialisasi juga masif kami lakukan pada sekolah dan komunitas masyarakat lainnya disamping melalui media cetak maupun elektronik” Tegas AKP Ricky.

Upaya tersebut, lanjut AKP Ricky tidak berhenti saat berlangsungnya operasi saja. Sosialisasi akan terus dilakukan dengan menggunakan berbagai metode sehingga kesadaran masyarakat tentang pentingnya keselamatan berkendara semakin meningkat. Outputnya adalah pelanggaran dan kecelakaan dapat lebih diminimalisir.

“Kesadaran tertib berlalulintas itu berangkat dari hati masing-masing individu. Bukan karena takut karena ada polisi. Jadi kita tak akan pernah lelah untuk terus memberikan penyadaran kepada masyarakat. Dengan begitu, diharapkan pelanggaran semakin menurun. Demikian pula dengan kecelakaan lalulintas bisa semakin di tekan.” Pungkasnya

Sumber : Polres Trenggalek

No More Posts Available.

No more pages to load.