Hati -Hati Penggunaan Media Sosial Jangan Menjadi Pelaku

by

Polres Trenggalek – Salah satu poin dalam penyampaian Waka Polsek Pule Polres Trenggalek Ipda Sanusi, SH saat menjadi pembina upacara di SMK Hidayatulloh pada Senin kemarin ( 26/3 ). Dalam upaya membina generasi Millenial di usia sekolah agar lebih cerdas dalam penggunaan media sosial seperti Face book, twitter, instagram dan yang lainya dan menghindari prilaku ujaran kebencian serta adanya pemberitaan  hoax yang diunggahkan.

Dalam penyampaian Waka Polsek Pule Polres Trenggalek, dalam era kecepatan informasi bukanlah berarti harus terburu-buru. Selalu klarifikasi, cek dan ricek sebelum kita meneruskan atau mempercayai informasi yang lalu-lalang di media sosial kita. ” Kalau sudah pakai media sosial dengan cerdas, dapat dipastikan hoaks pun dapat dipangkas, “ ujarnya saat berada didepan anak -anak SMK Hidayatulloh.

Peraturan mengenai pemanfaatan internet sendiri telah diatur dalam Undang-Undang RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Selain itu, Majelis Ulama Indonesia pun telah mengeluarkan Fatwa MUI tentang Hukum dan Pedoman Ber­muamalah melalui Media Sosial. Masyarakat diharapkan mengacu pada peraturan-peraturan yang ada dalam berinternet dan media sosial.

Sementara itu untuk menanggulangi permasalahan yang terjadi akibat hoaks, peran semua pemangku kepentingan untuk menerapkan langkah preventif. Antisipasi hoaks dan edukasi literasi digital diharapkan dapat menciptakan manusia yang produktif dan memangkas penyebaran hoaks dan konten negatif.

Diharapkanya, generasi muda seusia sekolah yang sering menggunakan media sosial lebih selektif terhadap informasi yang diterima dan konten yang di unduh. Tidak dibenarkannya adanya siswa yang mengunduh konten yang berbau vulgar dan Pornografi.


Sumber : Halo

No More Posts Available.

No more pages to load.