Seimbangkan Urusan, Polisi Dongko isi Kegiatan Ramadhan

by

Polres Trenggalek – Islam menganjurkan keseimbangan dalam mensikapi kehidupan dunia dan akhirat. Artinya tidak berlebihan pada urusan dunia, sebaliknya juga tidak berlebihan pada akhirat. Dalam surat Al-Qashash ayat 77 Allah S.W.T berfirman, “Carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik, kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.”

Mensikapi hal diatas, khusus di bulan ramadhan ini personnel jaga Polsek Dongko Polres Trenggalek yang terdiri dari SPKT, Sabhara dan Bhabinkamtibmas seusai pelaksanaaan patroli harkamtibmas maka tempat yang rutin disinggahi ialah Mushala ataupun Masjid terdekat dari lokasi mobiling.

Seperti terlihat kali ini dalam waktu masuknya shalat dzuhur, unit patroli Polsek Dongko Polres Trenggalek yang dikendalikan Ka SPKT AIPTU Edi Purwanto ketika rehat patroli langsung singgah dan ikut berjamaah shalat di Masjid Baitul Hakim Desa/Kecamatan Dongko.

Dikonfirmasi terpisah Kapolsek Dongko Polres Trenggalek AKP Rohadi,S.H., membenarkan apa yang telah di lakukan anggotanya yakni melaksanakan patroli juga giat dalam menjalankan perintah agama yakni tunaikan shalat berjamaah bersama masyarakat.

“Pada dasarnya ibadah itu lebih penting dari segalanya, dengan ibadah pekerjaan kita jadi mudah, dan sesibuk apapun kita dalam pekerjaan, janganlah meninggalkan ibadah. Kemudian khusus di bulan Ramadhan ini kami dari jajaran Kepolisian Sektor Dongko Polres Trenggalek selalu rutinkan untuk ikut shalat berjamaah keliling ke Masjid ataupun Mushola di setiap harinya mulai Shubuh, dzuhur, juga isyak dan tarawih.” Ujarnya.

Karena apa selain untuk memenuhi kewajiban sebagai abdi negara yaitu pemelihara keamanan dan ketertiban, penegak hukum serta pengayom, pelindung, dan pelayan masyarakat, polisi juga harus tetap menunaikan ibadah dengan penuh ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Tegas AKP Rohadi.

Dengan begini harapannya dapat memperoleh keseimbangan antara urusan dunia dan akhirat. Seperti dalam sebuah ungkapan dikatakan bahwa dunia adalah ladang akhirat (ad-dunya mazra’at al-akhirah). Maksudnya adalah bagaimana kita harus bersikap terhadap dunia untuk menjadikannya sebagai ladang di mana kita menanam berbagai amal baik untuk dipanen nantinya di akhirat. Jika amal yang kita tanam berasal dari bibit yang kurang baik, kita harus bersiap memanen hasil yang kurang baik. Sebaliknya jika yang kita tanam berasal dari bibit yang baik, maka kita akan bergembira dengan hasil yang baik pula di akhirat kelak. Pungkas Kapolsek Dongko.

No More Posts Available.

No more pages to load.