Upacara Hari Kebangkitan Nasional, Wakapolres Trenggalek: Bangkit Untuk Indonesia Emas

by

Polres Trenggalek – Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-116 Tahun 2024 yang dipusatkan di alun-alun Kabupaten Trenggalek berlangsung khidmat. Ratusan personel dari TNI/Polri hingga mahasiswa dan pelajar mengikuti upacara ini. Senin, (20/5).

Bertindak selaku inspektur upacara adalah Wakil Bupati Trenggalek Syah Muhammad Natanegara, S.H. Sedangkan Perwira upacara dijabat oleh Lettu Inf Samsul Hadi Purnomo dan Komandan Upacara dipercayakan kepada Kapten Inf Zainal Arifin.

Dikonfirmasi terpisah Kapolres Trenggalek AKBP Gathut Bowo Supriyono, S.H., S.I.K., M.Si. yang diwakili oleh Wakapolres Kompol Mohamad Khoiril, S.Pd., M.H. yang turut hadir dalam upacara tersebut menuturkan, jajaran kepolisian turut berpatisipasi dengan mengirimkan sedikitnya satu peleton personelnya.

“Selain di Alun-alun, anggota lainya juga mengikuti upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional di Mapolres Trenggalek.” Jelasnya.

Kompol Khoiril mengatakan, Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh tepat pada hari ini tanggal 20 Mei 2024 merupakan momen tepat untuk menggugah kembali semangat nasionalisme dan cinta tanah air yang telah diteladankan oleh para pendiri bangsa.

Sejarah mencatat bahwa Lebih dari seabad lalu, lahir organisasi Boedi Oetomo, yang di masa itu telah menumbuhkan bibit bagi cita-cita mewujudkan kemerdekaan Indonesia. Hari berdirinya Boedi Otomo inilah yang kelak menjadi simbol dari Hari Kebangkitan Nasional yang dirayakan hari ini.

“Tantangan hari ini tentu berbeda dengan masa pra kemerdekaan. Semangat nasionalisme dapat diwujudkan dengan mengukir prestasi di kancah internasional, membawa dan mengharumkan nama baik Indonesia dan yang paling penting adalah semangat persatuan dan kesatuan sebagai sesama anak bangsa. Selamat Hari Kebangkitan Nasional, Bangkit Untuk Indonesia Emas.” Ucapnya.

Usai upacara, kegiatan dilanjutkan dengan Upacara Ziarah Nasional yang mengambil tempat di Taman Makam Pahlawan (TMP) Jarakaan Karangsoko dan diikuti oleh segenap peserta upacara.

No More Posts Available.

No more pages to load.