Anggota Polsek Kampak Bersama Trantib Kecamatan Kampak Tinjau Kegiatan Normalisasi Sungai Tawing

 0
Anggota Polsek Kampak Bersama Trantib Kecamatan Kampak Tinjau Kegiatan Normalisasi Sungai Tawingby adminHT01on.Anggota Polsek Kampak Bersama Trantib Kecamatan Kampak Tinjau Kegiatan Normalisasi Sungai TawingPolres Trenggalek – Ka SPK Polsek Kampak Polres Trenggalek Aiptu Hendo Suyoto bersama anggota trantib kecamatan Kampak meninjau kegiatan normalisasi sungai tawing yang berada di perbatasan antara Desa Bendoagung dan Desa Senden Kampak Trenggalek, Kamis (05/10/2017). Salah satu penyebap terjadinya banjir adalah menurunnya kapasitas sungai. Aliran banjir tidak tertampung dalam saluran sungai dan meluap keluar […]

Polres Trenggalek – Ka SPK Polsek Kampak Polres Trenggalek Aiptu Hendo Suyoto bersama anggota trantib kecamatan Kampak meninjau kegiatan normalisasi sungai tawing yang berada di perbatasan antara Desa Bendoagung dan Desa Senden Kampak Trenggalek, Kamis (05/10/2017).

Salah satu penyebap terjadinya banjir adalah menurunnya kapasitas sungai. Aliran banjir tidak tertampung dalam saluran sungai dan meluap keluar menggenanggi rumah-rumah penduduk yang berada di sekitar bantaran sungai bahkan lebih jauh lagi, karena kapasitas sungai mengalami penurunan. Penurunan kapasitas sungai ini disebapkan oleh sedimentasi dan sampah. Selain menurunkan kapasitas saluran, sampah dan sedimen ini juga menghambat jalannya air.

Salah satu langkah tepat yang bisa dilakukan sesegera mungkin pasca terjadinya banjir adalah normalisasi sungai. Normalisasi sungai adalah sebuah upaya yang dilakukan untuk memperbaiki penampang sungai (river improvement), yakni dengan cara melebarkan sungai dan memperdalam sungai (mengeruk) agar kapasitas sungai bertambah sehingga dapat menampung debit banjir.

Upaya normalisasi dengan  cara melebarkan dan  memperdalam sungai  merupakan langkah tepat dalam menambah kapasitas saluran. Bila sungai dilebarkan menjadi dua kali dari kapasitas semula, maka debitnya meningkat dua sampai empat kali dari debit semula. Demikian pula bila sungai diperdalam dua kali maka debit (kapasitas tampung) akan bertambah dua sampai empat kali. Jika normalisasi sungai tidak dilakukan secara rutin dan kontinu, kapasitas sungai akan kembali ke debit semula akibat sedimentasi dan morfologi sungai yang belum stabil.

“Mari kita dukung program normalisasi sungai tawing ini demi kelancaran arus sungai serta mencegah bencana banjir musiman yang sering terjadi khusunya di desa Bendoagung”, ujar Aiptu Hendro Suyoto Ka SPK Polsek Kampak Polres Trenggalek.


Sumber : Halo