Waspada Gendam Bhabinkamtibmas Bagikan Informasi

 0
Waspada Gendam Bhabinkamtibmas Bagikan Informasiby adminHT01on.Waspada Gendam Bhabinkamtibmas Bagikan InformasiPolres Trenggalek – Bhabinkamtibmas desa Karangrejo Polsek Kampak Polres Trenggalek Aiptu Sumani pada hari Rabu tanggal 01 Nopember 2017 melaksanakan sambang ke desa binaannya dengan sistem door to door sambil menginformasikan agar para warga berhati-hati terkait kembali maraknya aksi gendam di wilayah kabupaten Trenggalek, Kamis (02/11/2017). Gendam adalah suatu ilmu ghaib yang dapat mempengaruhi alam bawah […]

Polres Trenggalek – Bhabinkamtibmas desa Karangrejo Polsek Kampak Polres Trenggalek Aiptu Sumani pada hari Rabu tanggal 01 Nopember 2017 melaksanakan sambang ke desa binaannya dengan sistem door to door sambil menginformasikan agar para warga berhati-hati terkait kembali maraknya aksi gendam di wilayah kabupaten Trenggalek, Kamis (02/11/2017).

Gendam adalah suatu ilmu ghaib yang dapat mempengaruhi alam bawah sadar manusia menggunakan kekuatan energi batin spiritual / metafisika seseorang, sehingga orang yang terkena ilmu gendam seperti kena sihir dan seketika itu juga korban akan menuruti apa saja keinginan si pemilik ilmu gendam. Sebenarnya ilmu gendam merupakan warisan budaya leluhur jawa yang pada awalnya digunakan untuk pengobatan atau untuk mempengaruhi seseorang untuk berbuat kebaikan. Tapi dijaman sekarang ini ilmu gendam lebih cenderung disalah gunakan untuk kejahatan atau untuk yang bersifat merugikan orang lain.

Aiptu Sumani Bhabinkamtibmas desa Karangrejo Polsek Kampak Polres Trenggalek menjelaskan kepada warga bahwa ciri-ciri yg mencolok dari gendam adalah proses perebutan benda berharga korban. Biasa nya, peng-gendam akan menawarkan sesuatu yg biasa saja (seperti kertas biasa) namun, peng-gendam akan memberikan sugesti kepada korban kalau kertas biasa itu adalah emas! kita yg sudah terpengaruh akan percaya saja dengan sugesti itu. Lalu, peng-gendam akan menawarkan emas (kertas biasa) itu dengan barang berharga yg di-inginkan, contoh nya dompet, hp, dll.

“Ingat ibu-ibu salah satu cara mencegah gendam adalah jangan menggunakan perhiasan yang berlebihan atau menunjukan barang barang berharga di tempat keramaian, namun gendam dapat diatasi dengan cara yaitu jangan mudah panik jika tiba-tiba ada seseorang yang menepuk bahu anda ! Usahakan agar pikiran dan panca indera anda tetap aktif ke seluruh lingkungan ! Jangan terfokus pada ucapan-ucapan orang yang menepuk anda ! Segera berpindahlah ke daerah yang lebih ramai”. Ujar Aiptu Sumani Bhabinkamtibmas desa Karangrejo Polsek Kampak Polres Trenggalek.


Sumber : Halo